Soal Bahasa Indonesia Sma Kelas X
soal : bahasa indonesiakelas : sma x
1. soal : bahasa indonesiakelas : sma x
No 1 E
No 2 B
maaf klo salahNo 1 E.
no 2 B.
maaf kalo salah
semoga membantu
2. soal : bahasa indonesia kelas :sma x
8.D
9.A
10.B
11.D
#semoga bermanfaat8 d
9 a
10 d
11 c
#semoga membantu
3. Sebutkan contoh soal-soal observasi bahasa indonesia sma kelas X. Minimal 5 soal
1. sebutkan struktur observasi?
2. apa ciri ciri observasi ?
3. sebutkan lankah langkah menyusun teks observasi
4. apa saja yang termasuk bagian isi ?
5.sebutkan cara meringkas isi observasi!
4. 3.yangTunjukkan unsur humoJawab:Teks anekdot untuk soal nomor 4 dan 5.Becak Dilarang MasukAda seorang tukang becak yang pernah dipergoki oleh petugas ketika melanggar rambu-rambu"Becak Dilarang Masuk". Tukang becak itu masuk ke jalan yang ada rambu-rambu gambar becak disilangdengan garis hitam yang berarti jalan itu tidak boleh dimasuki becak."Apa kamu tidak melihat gambar itu? Itu kan gambar becak tak boleh masuk jalan ini," bentak petugas."Oh saya melihat Pak, tapi itu kan gambarnya becak kosong tidak ada pengemudinya. Becak sayakan ada yang mengemudi, tidak kosong berarti boleh masuk,” jawab Si Tukang Becak."Apa kamu tidak bisa baca? Di bawah gambar itu kan ada tulisan bahwa becak dilarang masuk,”bentak petugas lagi"Tidak Pak, saya tidak bisa baca, kalau saya bisa membaca, maka saya jadi petugas seperti Bapak,bukan jadi tukang becak begini," jawab Si Tukang Becak.4.Tentukan tema teks anekdot di atas!Jawab:56Belajar Praktis Bahasa Indonesia SMA/MA Kelas X Semester 15.tentukan makna tersirat dalam teks anekdot tersebut
Jawaban:
panjang banget soal nyab
5. MODUL BAHASA ARAB SMA KELAS XSEMESTER 2halaman 22terjemahkan ke bahasa indonesiatolong dijawab. yaa bsok soalnya dikumpul aku gak ngerti mohon bantuannya terima kasih...
Junaidi, dan siswa bernama Husni di depan guru dan di depan murid.
perhatikan ya muridku!
di dalam kelas ada papan tulis, papan tulis di atas dinding itu kotor.
di dalam kelas juga ada peta, peta menunjukkan tempat negara di bumi. dan jam, jam juga di atas dinding. jam menunjukkan waktu masuk kelas sampai pulang dari sekolah.
di dalam kelas ada penghapus di atas papan tulis. dan kapur di dalam kotak.
6. U.Dudu MUULLISBacalah teks di bawah ini untuk menjawab soal nomor 7 dan 8!Indonesia mempunyai sumber daya alam yang melimpah. Hal tersebut menjadi salahsektordijadikan sebagai sarana pariwisata yang harus terus dijaga. Selain itu, berbagai objekwisata di Indonesia juga menyuguhkan atraksi wisata yang dapat diperhitungkan di matadunia. Seharusnya, wisata di Indonesia, baik itu wisata bahari, histori, maupun wisata yangbersifat pendidikan, mendapatkan perhatian penuh dari pemerintah setempat agarpariwisata terus meningkat dan banyak diminati turis dari seluruh belahan dunia.7. Buatlah ringkasan dari teks tersebut!8. Carilah makna dari istilah atau kata yang bercetak miring pada teks tersebut!9. Buatlah sebuah teks eksposisi yang ringkas dengan tema bebas!10. Jelaskan langkah-langkah dalam mengonstruksi teks eksposisi!0Bahasa Indonesia untuk Siswa SMA-MA/SMK-MAK Kelas Xsatu pendukung dalam bidang pariwisata Indonesia. Misalnya saja dengan adanya cagaralam dan suaka margasatwa, di samping untuk melindungi sumber daya alam, juga dapat
Penjelasan:
ringkasan ringkasan dari teks tersebut adalah Indonesia mempunyai sumber daya alam yang melimpah hal tersebut terjadi salah satu sektor dijadikan sebagai sarana pariwisata harus terjaga.
saya cuma bisa itu...
7. SOAL UJAN SEMLILIASYPIA HAM FALAH: Sri Lestar: B. JepangGURU MATA PELAJARANMATA PELAJARANΝΑΜΑKELAS:X MIA/IPSA ISIAN1. Suugaku watodesu. (Senin, Kamis )2. Kongetsu wa... desu. ( bulan Juli )3. Hiru yasumi wakaramade desu. (jam 12, jam 1.30 )4. Toshoshitsu de .............. o yomimasu. ( buku )5.de supootsu o shimasu. ( lapangan )B. URAIAN1. Nihongo wa mokuyoubi desu. ( terjemahkan ke dalam bahasa Indonesia !)2. Istirahat dari jam 12.30 sampai jam 1.30.( terjemahkan ke dalam bahasa Jepang!)3. Nichiyoubi / desu /wa/yasumi. ( urutkan dengan benar ! )4. SEITO/KARAI / ASHITA/WATASHI.( tuliskan dalam huruf Hiragana!)5. SD/SMP/SMA. ( tuliskan dalam bahasa Jepang!)
Jawaban:
1. Suugaku wa getsu youbi to moku youbi desu
修学は月曜日と木曜日です
matematika hari senin dan kamis
2.kongetsu wa shichi-gatsu desu
今月は7月です
bulan ini/ sekarang adalah bulan juli
3.hiru yasumi wa juu ni ji (12.00) kara ichi ji sanjuupun atau ichi ji han (01.30) made desu
昼休みは十二時から(一時三十分 atau 一時半) made desu
istirahat makan siang dari jam 12.00 sampai jam 01.30
4.toshoshitsu de hon o yomimasu
図書室で本を読みます
membaca buku perpustakaan
5.fi-rudo de supootsu o shimasu
フィールドでスポーツをします
main di lapangan olahraga (kayanya)
B.Uraian
1.bahasa jepang kamis (kayanya)
2.liat nomor 3 diatas
3.nichiyoubi wa yasumi desu ( minggu adalah hari libur)
4. せいと、からい、あした、わたし
5. SD shougakkou 小学校、SMP chuugakkou 中学校、SMA koukou 高校
mohon maaf jika ada kesalahan
8. pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan jelas dan tepat! Teks untuk soal nomor 1 s.d. 3. Ayah : "Febri. Besok Sabtu sore kita akan ke rumah kakek dan bermalam di sana. Kakekmu sedang sakit." Febri : "Tapi, Yah. Sabtu sore aku ada pertandingan basket di kecamatan." Ayah :"Ayah tahu. Kamu kan bisa izin dan minta digantikan temanmu.” Febri : "Maaf. Tidak bisa, Yah. Formasi pemain sudah ditentukan dan sudah latihan. Bagaimana kalau Febri menyusul ke rumah kakek setelah pertandingan selesai?" Ayah : "Mau naik apa kamu berangkat sendirian ke rumah kakek? Yakin kamu berani berangkat sendirian?" Febri : "Febri bisa naik KRL atau busway, Yah. Febri berani. Keamanan di KRL dan busway terjaga, Yah." Ayah : "Ya sudah kalau memang kamu mau begitu. Tapi ingat, tetap hati-hati dan selalu memberikan kabar." Febri : "Baik, Yah. Terima kasih." . 1. Apakah terjadi penawaran dalam kutipan teks negosiasi tersebut? Jawab: 2. Apa alasan yang mendasari Febri meminta perbedaan waktu berangkat ke rumah kakek? Jawab: 3. Tuliskan kalimat persetujuan yang terdapat dalam teks negosiasi tersebut! Jawab: 4. Sebut dan jelaskan unsur-unsur pembangun teks negosiasi! Jawab: 5. Buatlah bagian permintaan pada teks negosiasi! Jawab: 21 Belajar Praktis Bahasa Indonesia SMA/MA Kelas X Semester 2
Apakah terjadi penawaran dalam kutipan teks negosiasi tersebut? Ya, terjadi penawaran dalam kutipan teks negosiasi tersebutFebri meminta perbedaan waktu untuk berangkat ke rumah kakek karena di hari dan waktu yang sama ketika ayah akan menjenguk kakek, Febri ada jadwal pertandingan basket di kecamatan sehingga Febri berniat menyusul ayah dengan menaiki KRL dan busway.Kalimat persetujuan dalam kalimat tersebut adalah: Ayah : "Ya sudah kalau memang kamu mau begitu. Tapi ingat, tetap hati-hati dan selalu memberikan kabar."Unsur pembangun teks negosiasi adalahadanya partisipan, adanya pengajuan dan penawaran, adanya perbedaan kepentingan, dan terdapat kesepakatanBuatlah bagian permintaan pada teks negosiasi: Budi: "Bu, apakah saya boleh bermain bersama teman-teman ke sawah di dekat rumah kakek?"Pembahasan
Teks negoisasi adalah teks yang berisi tawar-menawar dengan jalan berunding untuk mencapai kesepakatan bersama antara satu pihak dengan pihak yang lain.
Pelajari lebih lanjut
Teks negosiasi https://brainly.co.id/tugas/14583544Unsur pembangun teks negosiasi https://brainly.co.id/tugas/10824097#BelajarBersamaBrainly
9. JAWABLAH PERTANYAAN DIBAWAH INI DENGAN BENAR DAN TEPAT.SOAL.1.CARILAH 3 TOKOH BIOGRAFI NASIONAL,DAN SEBUTKAN HAL-HAL YANG DAPAT KAMU TELADANI DARI TOKOH-TOKOH BIOGRAFI TERSEBUT ? JAWAB : ===================BANTU JAWAB YA KAK,NANTI SAYA KASIH JAWABAN TERCERDAS DEH.=================MATA PELAJARAN : BAHASA INDONESIA.KELAS : X SMA.================TERIMAKASIH.
Jawaban:
jendral Sudirman
ia sangat tangguh dan gigih
Ir.Soekarno
ia sangat gigih,sabar dana mau menerima pendapat orang lain
Yos Sudarso
karena rela mengorbankan diri untuk menyelamatkan pejuang lainnya
10. m O UU Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut dengan jelas dan benar! 1. Terangkan pengertian teks laporan hasil observasi! Cermati laporan hasil observasi berikut untuk menjawab soal nomor 2 sampai 4 р Jenis-Jenis Minuman Minuman adalah segala sesuatu yang dapat dikonsumsi dan dapat menghilangka rasa haus, biasanya berbentuk cair. Minuman dapat dibedakan berdasarkan khasiatny: sebagai obat atau tidak, penggunaan pewarna, dan produksi yang menghasilkan minuman tersebut. Minuman ada yang berkhasiat bagi tubuh, ada juga yang hanya sebagai penghilang rasa haus. Minuman yang berkhasiat bagi tubuh dapat dibuat sendiri, atau dapat dibua dari sayuran dan buah-buahan yang diblender dan menghasilkan jus. Jus banyak mengandung vitamin dan serat yang baik untuk kesehatan, dan bermanfaat bagi daya tahan tubuh. Minuman yang hanya menghilangkan rasa haus juga banyak beredar, seperti air putih dalam kemasan yang diminum dalam keadaan haus atau minuman kemasan yang tidak mengandung vitamin dan serat. Minuman banyak warnanya, pewarna yang digunakan ada yang alami ada juga yang buatan. Pewarna alami adalah pewarna yang mengandalkan bahan-bahan yang tersedia di alam, seperti kunyit yang menghasilkan warna kuning. Biasanya digunakan untuk Buku Bahasa Indonesia Kelas X SMA/MAringkas teks laporan hasil observasi tersebut!
Jawaban:
itu yang no 1 ya
Penjelasan:
maaf kalo salah
11. Bacalah teks berikut untuk menjawab soal nomor 7-9. Namanya adalah Dewi Anggraeni, lahir di Tasikmalaya, 30 Desember 1997. la adalah anak ketiga dari lima bersaudara, buah hati pasangan Kamaruddin dan Siti Zubaidah. Dewi adalah panggilan akrabnya, ia terlahir di keluarga yang sangat sederhana, ayahnya seorang guru honorer di sebuah Madrasah Tsanawiyah, sedangkan ibunya bekerja sebagai buruh di pabrik sepatu tak jauh dari rumahnya. Sejak kecil, dia selalu dinasihati ayahnya untuk selalu rajin beribadah, jujur, dan baik terhadap sesama. Ketika berumur 6 tahun, ia memulai pendidikan di SDN 1 Ciawi, Tasikmalaya. Setelah lulus, melanjutkan pendidikannya di SMPN 1 Tasikmalaya di pada 2009. Selepas lulus SMP pada 2012, dia mengikuti Pamannya tinggal di Kota Bandung dan melanjutkan pendidikannya di salah satu SMA di Kota Bandung. Ketika menginjak kelas X SMA tersebut, dia mengikuti lomba menulis puisi antarsekolah se-Kota Bandung. Puisinya yang berjudul "Senja di Bara Cikapundung" menjadi juara ke-3 dalam perlombaan tersebut. Tentu saja i membuat hatinya senang dan semakin bersemangat dalam menulis, terutan 106 Brilian Bahasa Indonesia 8.peristiwa yang terjadi pada paragraf kedua adalah
Jawaban:
ibunya bekerja sebagai buruh di pabrik sepatu tak jauh dari rumahnya.
Penjelasan:
[tex]{semoga}[/tex] [tex]\blue{membantu!}[/tex]
12. Kutipan buku untuk soalA Latar Belakangwaktu. baik pada awal pertengahanmaupun akhir musim penghujan. 3) Padaawal tahun 2006, banjir terjadi di wilayahhulu dengan luas daerah tangkapan airkurang dari 5 000 ha seperti terjadi diJember. Situbondo, dan Trenggalek, JawaTimur. 4) Pada akhir tahun 2007, bencanabanjir dan tanah longsor kembali terjadidengan intensitas yang lebih besar, sepertiyang terjadi di daerah aliran sungai (DAS)Bengawan Solo banjir terjadi mulai dariwilayah sekitar kota Solo hingga ke hilir diKabupaten Bojonegoro dan Lamongan.5) Bencana banjir bisa terjadi oleh prosesalam maupun dipercepat oleh campurtangan manusia dalam mengelola danmemanfaatkan sumber daya alam untukmemenuhi kehidupannya.Sumber Teknik Migasi Banjir dan TanahLongsor, Pamin, Sukresno dan IrlanBudi Pramono4. Ide pokok yang terdapat dalarn kutipan bukudi atas ditunjukkan pada nomor ....A 1)B. 2)C3)D. 4)E. 5)Ben Prakt Bahasa Indonesia SMA Kelas X Semester 1belakangan ini sering terjadi di seluruh3) Bencana banjir dan tanah longsortanah an datan sebaran dan keragamanterjadi hampir merata di seluruh wilayahruang dan waktu 2) Bencana tersebutIndonesia dengan beragam luas daerahtangkapan air (catchment area) sebagaisumber pasokan ar banjir dan beragam
Jawaban:E.5)
Penjelasan:
13. B. Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan jelas dan tepat!Menurut KBBI, polusi adalah pencemaran. Pengertian polusi adalah proses pencemaran lingkunganyang akan mengakibatkan menurunnya kualitas lingkungan dan terganggunya kesehatan serta ketenangandalam konsentrasi yang memungkinkan terjadinya gangguan. Zat yang dapat menyebabkan polusi disebutPolusi disebabkan oleh zat yang memengaruhi sesuatu yang dianggap mempunyai nilai bagi manusiapolutan. Zat dikatakan sebagai polutan apabila kadarnya melebihi batas normal dan berada pada waktu dantempat yang tidak semestinya. Polusi menyebabkan perubahan ekosistem. Berdasarkan habitatnya, polusigenerasi mudaKutipan laporan untuk soal nomor 1 s.d. 3.dari makhluk hidup termasuk manusia.dibedakan menjadi polusi udara, polusi air,Diolah dari berbagai sumber1.Carilah kalimat definisi yang terdapat dalam kutipan laporan tersebut!Jawab:Tentukan tema kutipan laporan tersebut!Jawab:42Belajar Praktis Bahasa Indonesia SMA/MA Kelas X Semes
Jawaban:
1.polusi adalah proses pencemaran lingkungan yang akan mengakibatkan menurunnya kualitas lingkungan dan terganggunya kesehatan serta ketenangan dari makhluk hidup termasuk manusia
2 temanya:definisi tentang polusi dan dampak adanya polusi
14. 6.Perhatikan kembali konjungsi yang Anda temukan dalam soal nomor 5 Buatlah kalimat barumenggunakan konjungsi tersebut!Jawab:Belajar Praktis Bahasa Indonesia SMA/MA Kelas X Semester 1
Jawaban:tidk thu
Penjelasan:
15. JAWABLAH PERTANYAAN DIATAS DENGAN BENAR DAN TEPAT.SOAL.1.SOALNYA ADA DI LAMPIRAN YA KAK.JAWAB : ===================TOLONG DIJAWAB DONG KAK,NANTI SAYA KASIH JAWABAN TERBAIK DEH KAK TOLONGIN SAYA YA KAK,SOALNYA INI NANTI MAU DIKUMPUL(DIKIRIM).==================MATA PELAJARAN : BAHASA INDONESIA.KELAS : X SMA.=================BIG POINT.SEKIAN DAN TERIMAKASIH.
Jawaban:
1. Kutipan teks biografi
Seorang proklamator yang lahir pada tanggal 6 Juni tahun 1901 silam di kota Surabaya, Jawa Timur. Bernama lwngkap Kusno Sosrodihardjo atau panggilan akrab yang dikenal sebagai Ir. Soekarno ataupun Bung Karno. Pada tanggal 21 Juni 1970 di Jakarta, Bapak Negara RI pertama ini menghembuskan nafas terakhir di umur ke 69 tahun. Beliau di makamkan di Blitar, Jawa Timur.
Ketika Bung Karno berumur 14 tahun, ia tinggal di Surabaya dan bersekolah di HBS. Di ceritakan bahwa saat tinggal di Surabaya Bung Karno mulai mengenal pemimpin serikat islam yaitu Bp. Tjokroaminoto. Dari sanalah awal mula Bapak presiden pertama Indonesia ini mulai bergabung ke organisasi pemuda di Jawa, hingga perjalanan karir hidupnya beliau menjadi seorang proklamatar yang berjasa besar bagi negara dan Ir. Soekarno ini menjadi presiden pertama RI.
Kepribadian Unggul
Terdapat banyak nilai-nilai kehidupan yang beliau berikan sehingga dapat Anda ambil dari kisah serta perilakunya tersebut, dari beliau yang paling menonjol dan karismatik ialah sifat kepemimpinan dan rasa cinta pada nasionalismenya terhadap negara Indonesia dan juga seluruh rakyat Indonesia.
2. Ia adalah seorang perempuan dari kalangan bangsawan yang lahir pada tahun 1879 tanggal 21 April, di daerah Jepara. Beliau adalah Raden Ajeng Kartini Djojo Adhiningrat adalah nama lengkapnya tapi beliau biasanya disebut dengan R.A. Kartini. Di usia 25 tahun Kartini menghembuskan nafas terakhi setelah beliau melahirkan R.M. Susalit, yakni pada tanggal 17 September 1904.
Ketika R.A. Kartini berusia 12 tahun, ia memulai perjuangannya di dunia pendidikan agar memperoleh pendidikan setinggi-tingginya. Namun sayangnya keinginan terbesarnya itu mendapat tentangan keras terutama dari ayahanda. Sebab di usia itu, kebanyakan permpuan dahulu sudah dipingit dan menikah.
Hingga suatu hari R.A. Kartini menikah dengan seorang bupati Rembang yakni Adipati Ario Singgih Djojo Adhiningrat. Hal yang tak terduga ternyata Adipati Ario Singgih Djojo Adhiningrat sangat mendukung Kartini agar dapat meraih impiannya, beliau bahkan mengizinkan Kartini mendirikan sekolah wanita.
Kepribadian Unggul:
Atas semua jasa yang telah diberikan Raden Ajeng Kartini terutama dibidang pendidikan untuk wanita. Beliau mendapatkan penghormatan dan penghargaan. Di sana Kartini ditetapkan sebagai seorang pahlawan nasional Indoinesia secara resmi yang di dasarkan. Sifat dan keyakinan beliau untuk terus mendapatkan pendidikan dan mencari ilmu setinggi langit yang patut ditiru.
3. Seorang anak laki-laki yang lahir pada tahun 1875 tanggal 14 Maret di Jerman dari pasangan Pauline dan Hermann Einstein, ia adalah Albert Einstein. Ia pun seorang fisikawan yang biasa dijuluki sebagai Bapak Fisika Modern, sayangnya Albert Einstein sudah tiada beberapa tahun silam yakni di Amerika Serikat pada tahun 1955 tanggal 18 April.
Masa kecil Albert Einstein sering di anggap anak autisme dan memiliki keterbelakangan, hal ini dikarenakan kemampuan berbicaranya yang amat lamban, ia pun cenderung sangat pendiam terlebih beliau suka sekali menyendiri.
Di usia yang masih belia yakni 5 tahun minat Albert Einstein pada bidang ilmu fisika ini timbul, ketika Hermann Einstein ayahnya memberikan hadiah Einstein sebuah kompas, ia sangat terpesona pada hadiah tersebut, hingga beliau ingin mengetahui apa saja misteri yang ada di alam semesta ini.
Dan dari saat itulah Albert Einstein menjadi sangat gemar untuk mendalami dan mempelajari serta memahami tentang berbagai hal terutama yang berkaitan dengan ilmu fisika seperti halnya kompas dan lainnya.
Kepribadian Unggul
Dari kehidupan Albert Einstein banyak sekali hal-hal yang bisa diambil sebagai pembelajaran dari kehidupannya, terutama prinsip atau sifat pantang menyerah terhadap kegagalan. Walaupun dahulunya ia sering dibilang sebagai anak autis dan mempunyai keterbelakangan tetapi sekarang Albert Einstein di anggap sebagai manusia paling jenius dan juga diberi julukan Bapak Fisika Modern hingga saat ini.
Lanjutan ada di lampiran
Posting Komentar untuk "Soal Bahasa Indonesia Sma Kelas X"