Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Rubrik Penilaian Speaking


Contoh Rubrik Penilaian Speaking

Contoh sebuah rubrik penilaian​

1. Contoh sebuah rubrik penilaian​


Jawaban:

Bagaimana cara membuat rubrik penilaian?

1.Cara Membuat Rubrik: Pendahuluan.

2.Langkah-langkah Membuat Rubrik.

3.Langkah 1: Tentukan Tujuan Anda.

4.Langkah 2: Pilih Jenis Rubrik.

5.Langkah 3: Tentukan Kriteria Anda.

6.Langkah 4: Buat Tingkat Kinerja Anda.

7. Langkah 5: Tulis Deskriptor untuk Setiap Level Rubrik Anda.


2. contoh rubrik penilaian puisi​


FORMAT PENILAIAN PEMBACAAN PUISI

Petunjuk:

Tulislah skor dari tiap aspek sesuai dengan pengamatan anda terhadap pembacaan puisi yang dilakukan dengan memperhatikan rubrik yang diberikan pada bawah tabel (rentang skor 1 -3 )

No.  Aspek  Skor Diperoleh

1.  Penghayatan / ekspresi / penjiwaan  

2.  Gerak meliputi mimik, gesture dan pantomimik  

3.  

Artikulasi / pelafalan  

4.  

Intonasi / penekanan  

RUBRIK PEMBERIAN SKOR:

1. Penghayatan / ekspresi / penjiwaan

Skor 3 bila pembaca puisi mampu menunjukkan ekspresi akan penghayatan dan penjiwaan yang sangat baik.

Skor 2 bila pembaca puisi mampu menunjukkan ekspresi akan penghayatan dan penjiwaan yang cukup baik.

Skor 1 bila pembaca puisi menunjukkan ekspresi akan penghayatan dan penjiwaan yang kurang baik.

2. Gerak meliputi mimik, gesture dan pantomimik

Skor 3 bila pembaca puisi mampu menunjukkan mimik, gesture, dan pantomimik yang sangat baik.

Skor 2 bila pembaca puisi mampu menunjukkan mimik, gesture, dan pantomimik yang cukup baik.

Skor 1 bila pembaca puisi menunjukkan mimik, gesture, dan pantomimik yang kurang baik.

3. Artikulasi/Pelafalan

Skor 3 bila pembaca puisi mampu menunjukkan artikulasi/pelafalan yang sangat baik.

Skor 2 bila pembaca puisi mampu menunjukkan artikulasi/pelafalan yang cukup baik.

Skor 1 bila pembaca puisi menunjukkan mimik, artikulasi/pelafalan yang kurang baik.

4. Intonasi dan penekanan

Skor 3 bila pembaca puisi mampu menunjukkan intonasi dan penekanan yang sangat baik.

Skor 2 bila pembaca puisi mampu menunjukkan intonasi dan penekanan yang cukup baik.

Skor 1 bila pembaca puisi menunjukkan intonasi dan penekanan yang kurang baik.


3. contoh rubrik penilaian ketrampilan berbicara​


Jawaban:

penilaian yang tepat

Penjelasan:

maaf kalau salah


4. contoh rubrik holistik dan contoh rubrik analitik


Ini rubrik holistik dan analitik

5. a. Buatlah rancangan perencanaan penilaian afektif b. Susunlah sebuah penilaian afektif c. Buatlah rubrik penilaian afektif


Jawaban:

penilaian efektif

rancangan afektif


6. apa yang di maksut rubrik penilaian autentik


Penilaian autentik adalah penilaian kinerja, termasuk di dalamnya penilaian portofolio dan penilaian projek. Penilaian autentik disebut juga penilaian responsif, suatu metode untuk menilai proses dan hasil belajar peserta didik yang memiliki ciri-ciri khusus, mulai dari mereka yang mengalami kelainan tertentu, memiliki bakat dan minat khusus, hingga yang jenius. 

7. berilah penilaian terhadap ringkasan tersebut dengan menggunakan rubrik berikut


coba perhatikan rubriknya baik-baik, lalu nilai lah seusuai penilaianmu


8. model model pembelajaran untuk penilaian speaking


Jawaban:

Mendengar

Penjelasan:


9. Berikan contoh rubrik penilaian drama - Brainly


rubrik penilaian drama berisi :
1. nama kelompok
2. judul drama yang dipentaskan
3. komponen yang dinilai yang dibagi menjadi :
a. pelafalan dialog :
-kualitas vokal
-kejelasan
-ketepatan jeda nada dan intonasi
b. pemeranan pelaku :
-ekspresi
-kesesuaian gerak
-posisi pemain saat pementasan di panggung
c. lain lain :
-tata panggung
-kostum
-musik
4. keterangan nilai (a, b, c, atau d)
5. rumusan skor pementasan

semoga membantuu!!

10. contoh rubrik penilaian pebgetahuan kelas 6 tema 1 k1​


Jawaban:

Maaf Gk Tau ak

Penjelasan:

Maaf bnget


11. Bagaimana rubrik penilaian scientifik pada kurikulum 13?


Lebih ke aspek keterampilan dan sikap. Soalnya dalam kurnas siswa diajarkan menjadi aktif bukan guru yang aktif.
pada kurikulum 2013, guru hanya berpotensi sekitar 20% saja, sisanya murid yang diminta untuk aktif

12. 2. Rancanglah sebuah rubrik penilaian yang akan Anda gunakan untuk menilai hasil karya siswa dalam menulis pantun! 2. Rancanglah sebuah rubrik penilaian yang akan Anda gunakan untuk menilai hasil karya siswa dalam menulis pantun!


Rubrik penilaian untuk menilai hasil karya siswa dalam menulis pantun penting untuk dibuat agar dapat membantu kinerja guru dalam memberi penilaian dan mengevaluasi kegiatan belajar mengajar yang telah dilakukan. Rubrik umumnya berbentuk tabel yang memuat data grade, skor dan kriteria penilaian. Grade dibagi menjadi 5 bagian, yaitu sangat kurang, kurang, cukup, baik, dan sangat baik.

Sangat kurang menunjukkan bahwa siswa sama sekali belum memahami materi tentang pantun yang mana mereka tidak dapat menghasilkan karya pantun yang diinstruksikan. Grade kurang menunjukkan bahwa siswa mengetahui apa yang dimaksud dengan pantun tetapi belum dapat memahami bentuk pantun yang baik dan benar. Grade cukup menunjukkan bahwa siswa telah dapat membuat pantun sesuai dengan temanya walaupun belum dapat membuatnya secara sempurna karena terdapat beberapa kesalahan pada kaidah-kaidah pantun. Grade baik dan sangat baik pada dasarnya adalah siswa dapat membuat pantun sesuai dengan tema dan pantun telah sesuai dengan kaidah-kaidahnya, namun pada kategori sangat baik siswa dapat membuat pantun dengan pilihan kata maupun majas sehingga membuat pantun yang dihasilkan memiliki nilai sastra yang lebih baik. Tabel penilaian ditunjukkan di bawah.

Pembahasan

Rubrik penilaian adalah suatu panduan bagi penyedia pembelajaran atau guru dalam melakukan penilaian yang konsisten dan dapat dipertanggungjawabkan terhadap mutu tugas siswa. Rubrik dapat digunakan sebagai umpan balik terhadap mutu tugas siswa.

Pelajari lebih lanjut

Materi tentang rubrik penilaian https://brainly.co.id/tugas/51172451

#BelajarBersamaBrainly #SPJ1


13. cara membuat rubrik penilaian praktikum


Jawaban:

KONSEPSI EVALUASI

Evaluasi merupakan suatu proses atau kegiatan pemil ihan, pengumpulan,

analisis dan penyajian informasi yang sesuai untuk mengetahui sejauh mana suatu

tujuan program, prosedur, produk atau strategi yang dijalankan telah tercapai,

sehingga bermanfaat bagi pengambilan keputusan sert a dapat menentukan beberapa

alternatif keputusan untuk program selanjutnya.

Menurut Griffin & Nix (1991: 3), pengukuran, asesme n, dan evaluasi adalah

hirarki. Pengukuran membandingkan hasil pengamatan dengan kriteria, asesmen

menjelaskan dan menafsirkan hasil pengukuran, sed ang evaluasi adalah penetapan

nilai atau implikasi suatu perilaku. Bisa perilaku individu atau lembaga. Jadi menurut

definisi ini kegiatan evaluasi didahului dengan pen ilaian, sedang penilaian pada

umumnya didahului dengan kegiatan pengukuran.

Berdasarkan beberapa pendapat di atas dapat disimpu lkan bahwa evaluasi

merupakan proses kegiatan mengumpulkan informasi ya ng dilakukan secara

sistematis melalui pengukuran, untuk selanjutnya in formasi tersebut digunakan

sebagai dasar menetapkan nilai (

worth ) sesuatu objek yang diikuti dengan tindak

lanjut dari ketetapan nilai tersebut. Esensi evalua si adalah penetapan nilai atau

value

judgement suatu objek berdasarkan kriteria tertentu. Kegiata n evaluasi selalu

didahului dengan kegiatan pengukuran, yaitu proses penetapan angka menurut aturan

tertentu, kemudian dilanjutkan penilaian dan diakhi ri evaluasi. Penilaian diartikan

sebagai suatu kegiatan menafsirkan data hasil pengu kuran. Dengan demikian evaluasi

merupakan suatu kegiatan yang kompleks dan terus me nerus untuk mengetahi

manfaat suatu kegiatan untuk selanjutnya digunakan sebagai pertimbangan dalam

menentukan suatu keputusan.

Dalam bidang pendidikan ditinjau dari sasarannya, e valuasi ada yang bersifat

makro dan ada yang mikro. Evaluasi yang bersifat ma kro sasarannya adalah program

pendidikan, yaitu program yang direncanakan untuk m emperbaiki bidang pendidikan.

Evaluasi mikro sering digunakan di tingkat kelas. J adi sasaran evaluasi mikro adalah

program pembelajaran di kelas dan yang menjadi pena nggungjawabnya adalah guru


14. Apa fungsi rubrik dalam penilaian ?


gydrthytygfrggfdgdgfgdfgtrgdfgdfgddgsiswa diharapkan secara jelas memahami dasar penilaian yang akan digunakan untuk mengukur suatu kinerja siswa. Kedua pihak (guru dan siswa) akan mempunyai pedoman bersama yang jelas tentang tuntutan kinerja yang diharapkan

15. apa yang dinamakan rubrik dan sebutkan contoh rubrik


rubrik adalah ruangan yang terdapat dalam surat kabar yang memuat isi dan berita, ruangan khusus yang dapat dimuat dengan periode yang tetap dengan hari-hari tertentu atau beberapa minggu sekali, yang membuat masalah masing-masing sesuai yang ditulis rubrik tersebut. Misalnya, di dalam sebuah surat kabar memuat rubrik ekonomi-bisnis. Di dalamnya biasanya memuat mengenai berita, opini, dan iklan bisnis, sesuai dengan pangsa pasar yang ditentukan. Begitu pula dengan rubrik remaja, isinya biasanya memuat mengenai berita terbaru dunia remaja, opini dari kalangan remaja, dan iklan yang sasaran pembacanya remaja. rublik adalah salah satu bacaan di koran

Video Terkait


Posting Komentar untuk "Contoh Rubrik Penilaian Speaking"