Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Bahan Ajar Sd


Contoh Bahan Ajar Sd

contoh bahan ajar daring SD

Daftar Isi

1. contoh bahan ajar daring SD


Jawaban:

1. handphone

2. aplikasi zoom

3. classroom

4. kuota internet atau wi-fi

Jawaban:

pena,pensil,penghapus,tipx,buku, penggaris,dll

maaf klo salah


2. contoh bahan ajar daring yang sudah jadi dari 1 mata pelajaran SD


Jawaban:

nggak tau aku

Penjelasan:

boleh kenalan nggak?


3. upaya apa saja yang harus dilakukan saat menyikapi permasalahan mengenai alat dan bahan yang dibutuhkan dalam proses kegiatan pembelajaran ipa di sd yang tidak memadai contohnya ruang lab ipa?


Jawaban:

yaitu dengan upaya untuk permasalahan tersebut adalah melaporkan kepada pementrian pendidikan supaya di tindak lanjuti

Penjelasan:

alasanya supaya mereka bisa belajar dalam pembelajaran ipa di ruang lab dengan melaporkan ke pihak pendidikan maka akan di tindak dan di kirimkan suatu fasitas yang belum ada SEMOGA MEMBANTU:)


4. Pak Bambang adalah guru yang mengajar di kelas VI di SD X. Hari ini beliau memberikan tugas menggambarkan pemandangan. Setelah para siswa mengumpulkan tugasnya didapati ada siswa yang sangat baik dalam mengerjakan tugas, adanya biasa-biasa saja dan ada yang nampak mengerjakan dengan asal-asalan padahal waktu yang diberikan oleh Pak Bambang panjang dan disertai dengan contoh serta alat dan bahan yang sudah dipersiapakan agar hasil yang dibuat oleh siswa-siswa tersebut lebih optimal. Menurut pendapat Anda apakah yang harus dilakukan Pak Bambang kejadian seperti pada ilustrasi tersebut dapat diminimalisir atau tidak terjadi lagi berserta dengan alasannya!


Jawaban:

menurut saya

tidak,

Penjelasan:

karena harus sekali kali di nasihatkan biar tidak terulang ke 2 kalinya, trims semoga membantu


5. Pak Bambang adalah guru yang mengajar di kelas VI di SD X. Hari ini beliau memberikan tugas menggambarkan pemandangan. Setelah para siswa mengumpulkan tugasnya didapati ada siswa yang sangat baik dalam mengerjakan tugas, adanya biasa-biasa saja dan ada yang nampak mengerjakan dengan asal-asalan padahal waktu yang diberikan oleh Pak Bambang panjang dan disertai dengan contoh serta alat dan bahan yang sudah dipersiapakan agar hasil yang dibuat oleh siswa-siswa tersebut lebih optimal. Menurut pendapat Anda apakah yang harus dilakukan Pak Bambang kejadian seperti pada ilustrasi tersebut dapat diminimalisir atau tidak terjadi lagi berserta dengan alasannya!​


Kejadian yang diilustrasikan pada soal di atas adalah berkaitan dengan kedisiplinan siswa dimana kedisiplinan itu sendiri berasal dari kemampuan siswa yang bersangkutan pada saya mengenai ilustrasi di atas adalah sudah benar dengan yang dilakukan pak Bambanghanya saja tinggal bagaimana para murid mengakui dan mau mengerjakan tugas dengan maksimal dan tidak asal-asalan salah satu caranya adalah dengan penyampaian motivasi yang membuat murid sadar akan tegas dan maksimal atau memberikan hubungan berupa nilai yang kecil (tidak maksimal).

Pembahasan :

Sekolah adalah lembaga pendidikan, bukan pengadilan yang tugasnya menghukum siswa yang sesat. Segala sesuatu yang dilakukan  sekolah harus  dimaknai sebagai bagian dari proses pendidikan. Hal ini juga berlaku jika mereka harus memaksakan ujian ulang untuk menghalangi siswa. Guru yang suka menghukum siswanya dapat memiliki konsekuensi mengerikan yang tidak disukai siswa. Namun, bukan berarti guru dilarang menghukum siswa. Siswa yang melakukan kesalahan harus diberi sanksi sebagai efek jera. Baik bagi siswa yang bersangkutan maupun bagi siswa lainnya, agar tidak melakukan kesalahan yang sama. Hukuman seharusnya “membebani” siswa untuk memberikan efek jera, tetapi juga harus menjadi bagian dari proses pembelajaran. Secara umum, tujuan utama hukuman adalah untuk meminimalisir  pelanggaran terhadap aturan yang telah ditetapkan. Juga, hukuman ini dirancang untuk membuat siswa tampil lebih baik  dari sebelumnya. Oleh karena itu, hukuman terhadap siswa harus bersifat mendidik. Siswa harus tetap dapat merasakan  manfaat bagi dirinya dari hukuman yang diberikan.

Pelajari lebih lanjut :

Materi tentang kedisiplinan dalam suatu pendidikan https://brainly.co.id/tugas/50580333

#BelajarBersamaBrainly  #SPJ1


6. Ibu Sinta sedang mengajar materi energi pada SD. Pada saat pembelajaran ibu tersebut hanya menyuruh siswa membaca buku paket tentang materi energi selama 10 menit. Selanjutnya Ibu Sari secara lisan tanpa menggunakan media pembelajaran menjelaskan pengertian energi dan memberikan contoh-contohnya. Pada akhir pembelajaran, Bu Sinta memberikan tes formatif dilanjutkan dengan menyimpulkan pembelajaran. Berdasar hasil tes formatif, Bu Sinta sangat kecewa karena rerata hasil belajar siswa di bawah standar ketuntasan minimal. a. Berdasarkan penyebab ketidakberhasilan pembelajaran Bu Sinta, alternatif apa saja yang sebaiknya dilakukan oleh Ibu Sinta? b. Dari beberapa alternatif yang diajukan, analisislah kekuatan dan kelemahannya! c. Agar memudahkan Ibu Sinta dalam mengajar, tuangkanlah usulan alternatif yang dianggap efektif ke dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang meliputi: Identitas RPP ..... Tujuan pembelajaran: .... Metode dan media: ... Ringkasan materi:.... Langkah-langkah pembelajaran: Kegiatan awal: .. Kegiatan Inti: ... Kegiatan akhir: ... Instrumen Evaluasi formatif yang mengukur tujuan pembelajaran:... LKS yang terdiri dari: tujuan percobaan, alat dan bahan, landasan teori, langkah kerja, tabel pengamatan, pertanyaan terkait pengamatan.


Penjelasan:

-seharusnya ibu sinta mengenali murid-murid ya karena ada sebagian murid yg paham dengan metode2 yg berbeda misalnya, ada metode lisan , tulisan dsb

-kekuatan; ibu sinta menjelaskan pengertian energi dan contoh - contoh ya.

kelemahan; anak-anak hanya di beri waktu 10 menit untuk membaca buku dan mencerna isi buku ke dlm otak ya .

semoga membantu

7. Reviewview81012113.1.14..1soal tt31. buatlah contoh bahan ajar dan lembar kerja siswa dalam mata pelajaran ips yangmengandung cakupan konten, media yang sesuai dengan tujuan pembelajaran, tingkaperkembangan peserta didik, proses belajar dan karakteristik bahan ajar dan lks.bandingkan dua keunggulan dan kelemahan dari bahan ajar dan lks yang digunakan di2. pembelajaran di sekolah dasar banyak sekali permasalahan dilihat dari segi sarana danprasarana, transportasi, ketidakmerataan guru yang ada, sumber dana dan lain-lainmelalui ilustrasi ini, anda mendeskripsikan potret pembelajaran di sd. kendala-kendalaapa saja yang dirasakan oleh guru dan siswa di sekolah​


Review

view

8

10

121

13.1.14

.

.

1

soal tt3

1. buatlah contoh bahan ajar dan lembar kerja siswa dalam mata pelajaran ips yang

mengandung cakupan konten, media yang sesuai dengan tujuan pembelajaran, tingka

perkembangan peserta didik, proses belajar dan karakteristik bahan ajar dan lks.

bandingkan dua keunggulan dan kelemahan dari bahan ajar dan lks yang digunakan di

2. pembelajaran di sekolah dasar banyak sekali permasalahan dilihat dari segi sarana dan

prasarana, transportasi, ketidakmerataan guru yang ada, sumber dana dan lain-lain

melalui ilustrasi ini, anda mendeskripsikan potret pembelajaran di sd. kendala-kendala

apa saja yang dirasakan oleh guru dan siswa di sekolah

Jawaban:

Kebencanaan sebagai Bahan Ajar IPS Kelas VIII Materi Pokok Lingkungan Tujuan penelitian ini adalah: “Untuk menghasilkan LKS berbasis karakter dan Data Guru Pengampu Mata Pelajaran IPS Terpadu

Penjelasan:

semoga membantu


8. apa paragi penjelas, dan simpulan. Setiap paragraf memuat kalimat utama atau ide pokok. Kalla atau ide pokok mengandung informasi penting. Kamu dapat menemukan kalimat utama di awal paragraf, di akhir paragraf, ataupun di awal dan di akhir paragraf. Informasi yang telah kamu temukan dapat disusun menjadi sebuah peta pikiran. Peta pikiran adalah diagram yang digunakan untuk mempresentasikan ide-ide pokok. Melalui peta pikiran, sebuah bacaan dapat dipahami dengan mudah. Peta pikiran yang kamu susun harus menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif. Mari Melakukan 1 Kerjakan dengan baik! Belajar Membuat Rangkaian Listrik Sederhana Hari ini Anisa dan para teman-temannya, siswa kelas VI SD Nusantara akan belajar membuat rangkaian listrik sederhana. Mereka telah embuat kesepakatan dengan Bu Asri bahwa hari ini akan melakukan praktikum pembuatan rangkaian listrik sederhana. Anisa dan para teman-temannya semangat mengikuti kegiatan pembelajaran hari ini. Mereka membentuk kelompok berdasarkan letak tempat duduknya. Kegiatan pembelajaran hari ini pun dimulai. Bu Asri membimbing anak-anak untuk melakukan persiapan. Setelah semua bahan-bahan dan alat-alat dipersiapkan, Bu Asri memandu setiap kelompok praktek membuat rangkaian listrik sederhana. Sambil mendampingi belajar. Bu Asri menjelaskan tentang rangkaian listrik Menurut Bu Asri, rangkaian listrik terbagi menjadi tiga jenis, yaitu rangkaian seri, paralel, dan seri-paralel. Setiap kelompok memperhatikan penjelasan dari Bu Asri dengan saksama. Rangkaian seri adalah salah satu rangkaian listrik yang disusun secara sejajar (seri). Sebagai contoh, penyusunan batere dalam senter. Rangkaian paralel adalah salah satu rangkaian listrik yang disusun secara berderet (paralel). Gabungan antara rangkaian seri dan rangkaian paralel disebut rangkaian seri-paralel. Rangkaian ini disebut juga rangkaian campuran atau rangkaian kombinasi. Anisa dan teman-temannya mampu membuat rangkaian listrik sederhana. Mereka sadar bahwa kegiatan praktikum tersebut sangat bermanfaat. Melalui kegiatan praktikum rangkaian listrik sederhana, mereka dapat mengetahui bermacam-macam rangkaian listrik yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Selain menambah pengetahuan, mereka dapat menerapkan rangkaian sederhana tersebut di rumah. 1. Cermati kembali teks "Belajar Membuat Rangkaian Listrik Sederhana di atas! Coba kamu temukan kosakata tidak baku dan kalimat tidak efektif dalam teks tersebut. Perbaiki kosakata tidak baku dan kalimat tidak efektif menjadi kosakata baku dan kalimat efektif. Kerjakan kegiatan ini dalam kolom berikut. Perbaikan (Kosakata Kosakata Tidak Baku Baku) Kalimat Tidak Efektif Perbalkan (Kalimat Efektif) PR Tematik Kelas VI Tema 3​


Jawaban:

Contoh ide pokok yang paling mudah Kita temukan adalah dari buku, novel, artikel, hingga berita. Keempat hal tersebut pada dasarnya dibangun dengan berbagai ide pokok di setiap paragrafnya. Misalnya, ketika Kamu membaca sebuah berita, Kamu akan mendapatkan bagian terpenting dari setiap paragraf. Bagian terpenting tersebut biasa disebut dengan istilah ide pokok atau sering kali juga dikatakan sebagai gagasan utama.

Penjelasan:

semoga membantu dan semoga tidak salah


9. Ayo Berlatihkan soal-soal berikut!-a yang dimaksud dengan hewan endemik? Tulis tiga contoh hewan endemik di Indonesiaiskan pendapatmu mengenai manfaat dari mengetahui informasi tentang hewanwan langka!hatikan gambar di samping!Patung apa yang ada pada gambar?Menurutmu, apa bahan yang digunakan untuk membuatpatung tersebut?uliskan pendapatmu mengenai patung tersebut dari segientuk dan pewarnaan!Apa yang sudah aku pelajari hari ini?Agar pembelajaran berikutnya lebih menarik, apa ya usulku?ematik Terpadu untuk SD/MI Kelas VI​


Jawaban :

•Apa yang dimaksud dengan hewan endemik? Tulis tiga contoh hewan endemik di Indonesia

- Hewan yang menjadi ciri khas di wilayah tertentu. Harimau Sumatra, Jalak Bali, Anoa

•Iskan pendapatmu mengenai manfaat dari mengetahui informasi tentang hewan  langka!

-Agar kita dapat mengenal hewan langka tersebut dan agar kita melestarikan hewan langka tersebut

Penjelasan :

Maaf untuk Sbdp tidak tahu


10. 1. Kurikulum merupakan suatu program pendidikan yang berisikan berbagai bahan ajar dan pendalaman belajar yang diprogramkan, direncanakan, dan dirancangkan secara sistemik atas dasar norma-norma yang berlaku yang dijadikan pedoman dalam proses pembelajaran di sekolah. Berdasarkan hal tersebut diketahui bahwa salah satu komponen dalam kurikulum adalah Bahan Ajar. Bahan ajar menjadi salah satu bagian pokok yang harus direncanakan dan dilakukan pengembangan pada pelaksanaan pendidikan di Sekolah Dasar. Jelaskan menurut Saudara apa yang mendasari pentingnya pengembangan bahan ajar tersebut? 2. Dalam penyelenggaraan pendidikan idealnya lembaga memenuhi 8 Standar Nasional Pendidikan. Adapun salah satu didalamnya adalah adanya Standar Sarana dan Prasarana. Jelaskan oleh Saudara apa yang dimaksud Sarana dan Prasarana serta tunjukkan apa saja yang termasuk ke dalam Sarana dan Prasarana di Sekolah Dasar! 3. Penilaian hasil belajar dapat dilihat dari dua sisi, pertama penilaian dalam arti asesmen, dan kedua penilaian dalam arti evaluasi. Jelaskan perbedaan keduanya dan deskripsikan manfaat evaluasi pembelajaran bagi siswa, guru maupun lembaga pendidikan dan orang tua! 4. Konsep mutu berkaitan dengan kualitas pada suatu produk. Dalam konteks pendidikan mutu salah satunya berkaitan dengan bagaimana produk (output) dalam hal ini lulusan dari suatu jenjang pendidikan contohnya SD di mana kualitas lulusan harus memenuhi Standar Kompetensi Lulusan. Uraikan oleh Saudara hal-hal yang dapat menjadi penunjang kualitas/mutu Pendidikan di SD! 5. Pendidikan merupakan hak bagi setiap warga yang dijamin oleh negara. Setiap anak dengan berbagai kondisi termasuk anak berkebutuhan khusus berhak mendapatkan pendidikan yang sesuai dengan kebutuhannya masing-masing tanpa ada diskriminasi di dalamnya. Layanan pendidikan bagi anak-anak dengan kebutuhan khusus ini diantaranya dapat dilakukan melalui pendidikan inklusif. Apa yang dimaksud pendidikan inklusif? Bagaimana peluang dan tantangan dalam penyelanggaraan pendidikan inklusif di SD menurut Saudara? Jelaskan! Selamat Mengerjakan!​


1. Pengembangan bahan ajar sangatlah penting karena bahan ajar adalah ilmu pengetahuan yang diserap dan dimengerti esensinya oleh siswa. Kurikulumbahan ajar di bangku Sekolah Dasar harus disesuaikan dengan tingkat umur intelektual siswa baik yang telah ditetapkan oleh pemerintah pusat maupun pemerintah daerah. Bahan ajar juga harus dikemas sedemikian rupa sehingga dapat menarik minat siswa untuk mendalami bahan ajar tersebut.    

2. Sarana pendidikan adalah benda-benda atau alat-alat bergerak yang digunakan dalam melakukan pendidikan terhadap siswa, contoh: komputer, alat peraga, papan tulis, buku pelajaran, peralatan olah raga, dan lain-lain.

Prasarana pendidikan adalah benda-benda atau alat-alat tidak bergerak yang digunakan dalam melakukan pendidikan terhadap siswa, contoh: gedung sekolah, lapangan olah raga, ruang kelas, ruang perpustakaan, laboratorium, dan lain-lain.  

3. Perbedaan antara asesmen dan evaluasi:

Asesmen adalah metode mengumpulkan informasi dengan sistematis atas masing-masing komponen, kegiatan dan pendidikan dan/atau pembelajaran.

Evaluasi adalah metode memberikan arti dan nilai atas asesmen.

Asesmen dan evaluasi adalah bagian penting dalam menciptakan kurikulum pendidikan yang bermutu. Asesmen bermanfaat untuk menilai proses dan hasil belajar siswa dan memperbaiki metode pendidikan yang dilakukan pendidik dalam mengajari siswa. Selanjutnya atas dasar data dan informasi yang diperoleh dilakukan evaluasi untuk pengendalian dan perbaikan mutu pendidikan secara berkelanjutan.

4. Hal-hal yang dapat menjadi penunjang kualitas/mutu Pendidikan di SD:

Meningkatkan kompetensi pendidik/pengajar/guru.Menyempurnakan bahan ajar sesuai dengan tingkat intelegensi siswa didik.Menciptakan kurikulum belajar yang dapat menarik minat siswa untuk mendalami materi belajar.Menciptakan atmosfir belajar yang kondusif sehingga dapat meningkatkan kreatifitas siswa didik.Memperbaiki dan melengkapi sarana dan prasarana sekolah.

5. Pendidikan inklusif merupakan sistem pendidikan yang memberikan kesempatan kepada semua siswa dengan kelainan yang memiliki potensi kecerdasan atau bakat istimewa untuk berpartisipasi dalam pendidikan atau pembelajaran dalam satu lingkungan pendidikan dengan siswa lain pada umumnya.

Siswa dengan kebutuhan khusus sebaiknya ditangani secara khusus pula oleh staf pendidik yang memang terlatih untuk menangani. Pemerintah pusat maupun daerah disarankan untuk dapat membangun fasilitas sekolah khusus untuk menangani siswa dengan kebutuhan khusus ini agar mereka ditangani sesuai dengan bakat dan tingkat kecerdasannya. Dengan menyatukan mereka dengan siswa normal lain cenderung perpotensi menghambat proses pendidikan secara umum. Dengan ditangani secara khusus oleh staf yang memang terlatih maka siswa dengan kebutuhan khusus akan dapat berkembang sesuai dengan bakat dan kecerdasan mereka tanpa terhambat oleh siswa pada umumnya.

Pembahasan

Kurikulum pendidikan merupakan kumpulan strategi dan rencana yang mengatur tentang tujuan, isi, dan bahan pendidikan serta metode yang dipakai dalam melakukan proses kegiatan belajar untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu.

Kurikulum bermanfaat untuk miningkatkan kualitas pembelajaran yang tertuang ke dalam 5 komponen utama:

Tujuan kurikulumMateri kurikulumStrategi pembelajaranOrganisasi kurikulumEvaluasi

Dengan adanya kurikulum maka akan dapat dirumuskan maksud dan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai dengan segala kelengkapan sarana dan prasarana yang dibutuhkan sehingga proses pendidikan dapat berjalan dengan lancar dan efektif untuk menghasilkan siswa yang bermutu.

Pelajari lebih lanjut

Pelajari lebih lanjut tentang Kurikulum Pendidikan https://brainly.co.id/tugas/26511379

#BelajarBersamaBrainly #SPJ1


11. Berikan contoh penerapan teori belajar bruner dalam pembelajaran IPA di kelas IV SD pada KD IPA 3.7 Menerapkan sifat-sifat cahaya dan keterkaiatannya dengan indra penglihatan,materi pokok : sifat cahaya dapat menembus benda bening dengan memperhatikan A. Alat dan bahan B. Cara pelaksanaan pembelajaran


Berikan contoh penerapan teori belajar bruner dalam pembelajaran IPA di kelas IV SD pada KD IPA 3.7 Menerapkan sifat-sifat cahaya dan keterkaiatannya dengan indra penglihatan,materi pokok : sifat cahaya dapat menembus benda bening dengan memperhatikan A. Alat dan bahan B. Cara pelaksanaan pembelajaran

Penyelsaian  

A. Alat dan bahan  

1. Gelas bening atau plastic bening

2. Korek api

3. Lilin

4. Kertas

5. Air

6. Untuk membuat dudukan :

* Paku dan Palu

* Kayu

B. Cara pelaksanaan pembelajaran

1. Menyiapkan alat dan bahan

2. Membuat dudukan dengan menggunakan kayu dan paku

3. Menempelkan lilin di ujung dudukan dan menyalakannya.

4. Meletakan gelas bening pada ujung dudukan dengan arah yang berlawanan lilin  pada jarak 25 cm. Dan mencatatkannya pada hasil pengamatan table.

5. Mengulangi lagi langkah empat dengan jarak yang berbeda yaitu 30 cm, 20 cm, dan 15 cm. Dan mencatatkannya pada hasil pengamatan table

6. Mengisi gelas bening dengan air sampai pada jarak 25 cm serta meletakan kertas dibelakang gelas. Dan mencatatkannya pada hasil pengamatan table

7. Mengulangi lagi langkah enam dengan jarak yang berbeda yaitu 30 cm, 20 cm, dan 15 cm. Dan mencatatkannya pada hasil pengamatan table

Pembahasan

Haloo adik adik yang ganteng ganteng dan cantik cantik balik lagi nih sama kakak kece. Gimana kabar kalian? Insyaallah sehat sehat terus yaa. Kali ini kakak a1m akan mencoba membantu menjawab pertanyaan ini ya, kuy deh dibaca pelan pelan biar masuk hati ya

• Persamaan cahaya

Cahaya merupakan merupakan suatu energy yang berbentuk gelombang elektromagnetik kasat mata yang panjang gelombangnya berada pada kisaran 380 750 nm. Pada bidang fisika, cahaya merupakan suatu radiasi gelombang elektromagnetik kasat mata maupun tidak. Cahaya disusun oleh suatu paket partikel yang disebut sebagai foton.

• Sifat-sifat cahaya

1. Cahaya dapat menembus benda bening

2. Cahaya dapat merambat lurus

3. Cahaya dapat dipantulkan

4. Cahaya dapat diuraikan

5. Cahaya apat dibiaskan

Demikian lah penjabar dari kakak, semoga dengan ilmu yang sedikiti ini dapat bermanfaat untuk adik adik semua.

Jangan lupa terus berusaha dan berdoa.

Pelajari lebih lanjut

1. Apa yg pengertian cahaya?

https://brainly.co.id/tugas/2577636  

2. Sebutkan dan jelaskan sifat sifat cahaya!

https://brainly.co.id/tugas/1745854

3. Sebutkan 6 sifat-sifat cahaya

https://brainly.co.id/tugas/2426591

-----------------------------

Detil jawaban

Kelas: 5 SD

Mapel: Biologi

Bab: Cahaya

Kode : 5.2.2008

Kata kunci: Cahaya, sifat-sifat cahaya, gelombang elektromagnetik, foton, radiasi

#AyoBelajar


12. 1. Jelaskan cara penyesuaian diri dari tanaman singkong!2. Bagaimana cara adaptasi dari tanaman sawo?3. Jelaskan adaptasi pohon bakau terhadap habitatnya!4. Sebutkan contoh tumbuhan yang menggunakan buah sepat untuk melindungi diri!5. Jelaskan cara penyesuaian diri dari pohon mahoni!6. Bagaimana adaptasi dari hewan trenggiling?7. Jelaskan cara adaptasi dari bunglon!8. Sebutkan bentuk penyesuaian diri dari paruh kolibri!9. Jelaskan cara adaptasi dari landak!10. Tuliskan contoh pemanfaatan hewan sebagai penghasil bahan kerajinan!Catatan GuruParal GuruNilaimuitas SisunAyo BerlatihDolakukanPenilaian PembelajaranIlmu Pengetahuan Alam 6 untuk SD/MI25​


Jawaban:

1. singkong menyesuaikan di lingkungan dengan menaruh bahan makanannya di akar

2. tanaman sawo beradaptasi dengan cara mengeluarkan getah

3. pohon bakau beradaptasi di habitatnya menggunakan arus air dan udara

4. buah belimbing karena saat muda akan terasa pahit dan masam karena untuk melindungi bijinya

5. pohon jati dan mahoni menyesuikan diri dengan menggugurkan daunnay saat musim kemarau

6. hewan trenggiling bradaptasi dengan memakan serangga dan melindungi diri dari predator dgn menggulung badannya

7.bunglon beradaptasi dengan mimikri yaitu mengubah warna tubuhnya sama dengan warna lingkungnnya

Penjelasan:

semoga membantu dan

semoga benar-_-


13. 1) lembaga ekonomi yang paling sesuai dengan kepribadian bangsa indonesia adalah.... a. bank c. pegadaian b. koperasi d. pasar swalayan 2) jenis pekerjaan yang meng hasilkan jasa adalah.... a. nelayan c.petani b. pelukis d. supir 3) perhatikan kegiatan-kegiatan berikut!!!!!! 1. ayah membuat laporan kerja 2. lbu menggoreng ikan 3. aik minum susu 4. nina makan apel contoh kegiatan konsumsi ditunjukkan nomor.... a. 1 dan 2 c. 2 dan 4 b. 1 dan 3 d. 3 dan 4 3) kegiatan konsumsi yang dilakukan di lingkungan sekolah adalah....... a. alin menggunakan pesil untuk menulis b. igu guru membagikan nilai ulangan c. made membawa buku ke ruang guru d. penjual di kantin menggoreng pisang 4) negara menjamin hak setiap anak untuk mendapatkan hingga tingkat a. sd c. sma b. smp d. perguruan tinggi 5) kak vino ingin langsung bekerja di bengkel setelah lulus pendidikan dasar jenjang pendidi kan yang harus di ambil kak vino adalah...... a. perguruan tinggi c. sma s. smp d. smk 6) contoh lembaga pendidikan non formal adalah..... a. perguruan tinggi c. smp b.tempat kursus d. sd 7) mde bercita-cita menjadi seorang pilot sikap yang harus oleh made setiap hari adalah... a. berkunjung ke bandara udara b. membeli pesawat mainan c. belajar dengan rajin d. rutin berolah raga 8)alin mengikuti les piano alin belum pandai bermain piano sikap alin saat diajari guru les nya a. memper hatikan c. melamun b. mengobrol d. menangis 9) alat musik khas jawa barat yang dimainkan dengan cara ditiup adalah 10) upacara dipuncak gunung bromo saat bulan purnama bulan ke sepuluh disebut 11) kegiatan mengolah bahan menth menjadi barang jadi disebut... 12) kud adalah organisasi yang usahanya bergerak di bidang 13) pendidi kan di dalam keluarga dilakukun oleh 14) apa akibat nya jika tidak mematuhi adat istiadat yang berlaku di masyarakat? 15) apa fung si kepd daerah disuatu daerah? 16) mengapa kita harus bersekolah hingga ke jenjang pendidi kan tinggi? .


1b 2d 3d 3a 4d 5b 6b 7c 8a 9seruling 10kasodo 11industri 12ekonomi 13semua orang 14dikucilkan 15mengatur daerahnya 16agar tercapai cita-cita Maaf klo salah. . .☺1. B
2. D
D
4. C
5. D
6. B
7. C
8. A
9. Suling
10.
11. Produksi
12. Keuangan
13. Seluruh anggota keluarga
14. Mendapatkan sanksi
15. Meminpin suatu daerah
16. Agar bisa mencapai cita cita

maaf kalo ada yang salah..

14. Selama masa Pandemi Covid’19 pembelajaran dilakukan tanpa adanya tatap muka langsung antara guru dan siswa, anda diminta untuk merancang pembelajaran untuk siswa SD kelas IV agar dapat mendeskripsikan indra pengecap ( lidah ) dan fungsinya dengan capaian pembelajaran berikut : Topik/Judul : Indra Perasa/ Pengecap ( Lidah ) Sasaran : SD Kelas 4 Kompetensi Dasar : Mendeskripsikan hubungan antara struktur panca indera dengan fungsinya. Indikator : Mendeskripsikan indra pengecap ( lidah ) dan fungsinya Tujuan Pembelajaran : Setelah menonton tayangan ini, siswa diharapkan : 1. Siswa melakukan praktik mengecap pada ujung lidah, pinggir lidah, ujung dan ujung-tengah lidah, pangkal atau belakang lidah dengan bahan makanan yang ada disekitar rumah 2. Siswa dapat menyebutkan bagian indra perasa beserta fungsinya dengan benar. 3. Siswa dapat menyebutkan contoh bahan makanan yang berasa manis, asah, pahit, asin Tentukan metode, media, materi, rencana kegiatan dan evaluasi menggunakan model ASSURE (buat dalam tabel) sesuai capaian pembelajaran diatas.Butuh jawaban yang cepat dan berkualitas.Percayakan ke Master Joki.Kami menyediakan paket jawaban ujian susulan:✓Statistika Pendidikan PEMA 4201✓Manajemen Berbasis Sekolah IDIK 4012✓Pengantar Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus PDGK 4407✓Pendidikan Ips di Sd PDGK 4106✓Pembelajaran Pkn di SD PDGK 4201 ✓komputer dan media pembelajaran IDIK 4010✓Evaluasi pembelajaran di Sd PDGK 4301✓Paket jawaban lengkap cuman 35.000✓Paket Persoal cuman 10kPaket termurah tetapi Bukan murahan. Jika berminat langsung chat via wa :081265436486. ​


Jawaban:

ini ceritanya lagi promosi ?!


15. Kurikulum 2013 Edisi RevisiSOSPenilalan Pembelajaran 5».Ayo, kerjakan soal-soal pilihan ganda, isian, dan uraian dihdarbenar!IPA I kompetens Data 26 dan 426adalah....peryarbersifat...a. isolatorc konveksib. konduktord. radiasi2. Bahan berikut yang baik untuk menghantarkan panasplastikc. kayud. kain3. Jaket terbuat dari kain yang bersifatdamabea.b. logampekekebaBahasa Indonedal Kompetensi Dasar: 33 dan 435. Berikut ini yang termasuk media cetak adalah ....a. komputerc. majalahb. handphoned. televisi6. Bacalah teks berikut!Termos terbuat dari campuran aluminium, kaca, plastik, dan gabus. Bagiandalam termos terbuat dari aluminium yang dilapisi kaca. Bahan ini merupakanjenis konduktor yang cukup baik, Bagian luar termos terbuat dari plastik danpesegabus.Berikut ini yang bukan termasuk isi dari paragraf di atas adalah ....a termos terbuat dari campuran aluminium, kaca, plastik, dan gabusb. bagian dalam termos terbuat dari aluminium yang dilapisi kacac. bagian luar termos terbuat dari kacad. bagian luar termos terbuat dari plastik dan gabus7. Apakah perbedaan antara media cetak dengan media elektronik?SEPI Kompetensi Dasar: 3.1 dan 418. Berikut ini yang termasuk media kering dalam menggambar cerita adalah ...a. cat airC. tintab. cat minyakd. pensilb9. Media yang digunakan untuk menggambar cerita dibagi menjadi dua, yaitu........... dan .....10. Sebutkan tiga (3) contoh media kering untuk menggambar cerita!80Tematik Kelas 3 SD/MI1. Panci untuk memasak biasanya terbuat dari aluminium. Hal ini karena aluminium4. Sebutkan tiga (3) contoh benda yang memanfaatkan sifat konduktor dan isolator!​


2. c
5. c
8. d
maaf ya, banyak soal yg tidak jelas ada yg tidak ada bacaannya, tidak lengkap

Video Terkait


Posting Komentar untuk "Contoh Bahan Ajar Sd"