Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Kurikulum Pelatihan Berbasis Kompetensi


Contoh Kurikulum Pelatihan Berbasis Kompetensi

kurikulum 2013 menekankan pada kompetensi berbasis

1. kurikulum 2013 menekankan pada kompetensi berbasis


kompetensi berbasis mandiri............

2. jelaskan karakteristik kurikulum berbasis kompetensi?


1.dalam mencapai kompetensi siswa
2.dari hasil belajar memungkinkan peserta didik mengalami kemajuan belajar yang berbeda
3.dalam pembelajaran kurikulum berbasis kompetensi harus menggunakan pendekatan dan metode yang bervariasi sesuai dengan kompetensi yang ingin dicapai

3. kurikulum 2013 menekankan pada kompetensi berbasis


Yang paling penting itu "SIKAP" kemudian "KETERAMPILAN" lalu "PENGETAHUAN".berbaris nasional pada
sikap, ketrampilan ,dan aktifnya pelajar dalam diskusi atau pemaparan dp kls

4. contoh implementasi kurikulum berbasis tujuan apa aja


Jawaban:

Pengertian Implementasi Kurikulum

Pengertian secara bahasa sebagaimana dalam Oxford Advance Leraner’s Dictionary yang dikutip dalam Mulyasa Implementasi adalah penerapan suatu yang memberikan efek atau dampak. Lebih lanjut disebutkan implementasi adalah proses penerapan ide, konsep, kebijakan atau inovasi dalam suatu tindakan praktis sehingg memberiksn dampak baik berupa perubahan pengetahuan, keterampilan, ataupun nilai dan sikap.

Kemudian implementasi kurikulum dapat juga diartikan sebagai aktualisasi kurikulum tertulis (written curriculum) kedalam bentuk pembelajaraan. Implementasi dapat juga diartika sebagai pelaksanaan dan penerapan. Ada beberapa pendapat yang dikutip dari Binti Maunah diantaranya pendapat Majone dan Wildavky (1979) yang menegemukakan bahwa implementasi adalah perluasan aktivitas yang saling menyesuaikan (dalam pressma. dan Wildavzky, 1984). Implementasi juga dapat diartikan sebagai suatu proses penerapan ide dan konsep. Adapun kurikulum dapat diartikan dokumen kurikulum (kurikulum potensial). Dikemukakan juga bahwa implementasi kurikulum merupakan proses interaksi antara fasilitator sebagai penegembangan kurikulum , dan peserta didika sebagai subjek belajar.

Implementasi Kurikulum

Dalam garis besarnya implementasi kurikulum berbasis kompetensi mencakup tiga kegiatan pokok, yaitu pengembangan program, pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi.

Adapun implementasi kurikulum dalam bentuk pembelajaran berdasar Standar Nasional Pendidikan terutama Standar Proses, sebagaimana dalam peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 41 tahun 2007 tentang Standar Proses untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah, mencakup perencanaan proses pembelajaraan, pelaksanaan proses pembelajraan, penilaian hasil pembelajaran, dan pengawasan proses pembelajaran.

Tahapan – tahapan Implementasi Kurikulum

Implementasi kurikulum mencakup tiga tahapan pokok yaitu;

a. Pengembangan program, mencakup program tahunan, semester atau catur wulan, bulanan, mingguan dan harian. Selain itu ada juga program bimbingan dan konseling atau program remedial.

b. Pelaksanaan pembelajaran. Pada hakekatnya, pembelajaran adalah proses interaksi antara peserta didik dengan lingkungannya.sehingga terjadi perubahan perilaku kearah yang lebih baik.

c. Evaluasi, proses yang dilaksanakan sepanjang proses pelaksanaan kurikulum caturwulan atau semester serta penilaian akhir formatif atau sumatif mencakup penilaian keseluruhan secara utuh untuk keperluan evaluasi pelaksanaan kurikulum.

Faktor – faktor yang Mempengaruhi Implementasi Kurikulum

Implementasi kurikulum dipengaruhi oleh tiga faktor, yaitu;

a. karakteristik kurikulum, yang mencakup ruang lingkup bahan ajar, tujuan, fungsi, sifat dan sebagainya.

b. strategi implementasi, yaitu strategi yang digunakan dalam implementasi kurikulum seperti diskusi profesi, seminar, penataran, lokakarya penyediaan buku kurikulum dan berbagai kegiatan lain yang dapat mendorong penggunaan kurikulum di lapangan.

c. karakteristik pengguna kurikulum, yang meliputi pengetahuan, keterampilan, serta nilai dan sikap guru terhadap kurikulum dalam pembelajaran.

Sedang Marsh (1980) mengemukakan tiga faktor yang mempengaruhi implementasi kurikulum yaitu : dukungan kepala sekolah, dukungan rekan sejawat guru, dan dukungan internal dalam kelas. [4]

Prinsip – prinsip Implementasi Kurikulum

Dalam implementasi kurikulum, terdapat beberapa prinsip yang menunjang tercapainya keberhasilan, yaitu :

a. perolehan kesempatan yang sama.

Prinsip ini mengutamakan penyediaan tempat yang memberdayakan semua peserta didik secara demokratis dan berkeadilan untuk memperoleh pengetahuan, keterampilan dan sikap. Seluruh peserta didik berasal dari berbagai kelompok, termasuk kelompok yang kurang beruntung secara ekonomi dan sosial yang memerlukan bantuan khusus.

b. Berpusat pada anak.

Upaya untuk memandirikan peseta didik untuk belajar, bekerjasama dan menilai diri sendiri sangat diutamakan agar peserta didik mampu membangun kemauan, pemahaman dan pengetahuannya.

c. Pendekatan dan kemitraan.

Seluruh pengalaman belajar dirancang secara berkesinambungan,mulai dari taman kanak – kanak hingga kelas I sampai kelas XII. Pendekatan yang digunakan dalam pengorgaisasian pengalaman belajar berfokus pada kebutuhan peserta didik yang bervariasi dan mengintegrasikan berbagai disiplin ilmu. Keberhasilan pencapaian pengalaman belajar menuntut kemitraan dan tanggung jawab bersama dari peserta didik, guru, sekolah, perguruan tinggi, dunia kerja dan industri, orang tua dan masyarakat.

d. Kesatuan dalam kebijakan dan keberagaman dalam pelaksanaan.

Standar kompetensi disusun oleh pusat dengan cara pelaksanaannya disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan masing – masing daerah atau sekolah.


5. Berikut ini yang bukan Kurikulum-kurikulumyang dilakukan masa Reformasi adalah ....a. Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK)b. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan(KTSP)c. Kurikulum 2013d. Kurikulum 1976 yang disempurnakan.​


Jawaban:

d. Kurikulum 1976 yang disempurnakan

Jawaban:

D. Kurikulum 1976 yg di sempurnakan

Penjelasan:

Karena Penerapan kurikulum pada orde reformasi dimulai dengan Kurikulum 2004 (KBK) berganti pada tahun 2006 menjadi Kurikulum Tingkat satuan Pendidikan (KTSP), tahun 2013 yaitu kurikulum 2013


6. peraturan menteri yang mendasari kurikulum berbasis kompetensi?


*Kepmendiknas No. 232/U/2000 tentang Pedoman Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi dan Penilaian Hasil Belajar Mahasiswa

*Kepmendiknas No. 045/U/2002 tentang Kurikulum Inti Pendidikan Tinggi

7. Jelaskan kelebihan pelatihan berbasis kompetensi !


Jawaban:

Beberapa keuntungan pelatihan berbasis kompetensi adalah pelatihan kerja dapat dilaksanakan secara efektif dan efisien, praktis dan ada kepastian pengakuan bagi peserta pelatihan dari dunia usaha sebagai pengguna jasa.

Penjelasan:

itu yang saya tahu.

Jawaban:

1.Dapat meningkatkan diri

2.ketrampilan

3.afektif

4.menambah ilmu

5.memproleh pengalaman


8. Tuntutan kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) 2004 diantarnya


Membaca,menulis,mengidentifikasi gambar,dan bernalar.

9. Kurikulum berbasis kompetensi bertumpu pada rekonstruksi sosial dan teknologi


Jawaban:

semoga membantu maaf kalo salah

Penjelasan:

seorang siswa akan merasa aman dan nyaman seketika ia bisa belajar dengan baik, terutama pada kegiatan belajar diluar sekolah. kegiatan belajar di luar sekolah pastinya menyenangkan dan dapat memberikan suasana dan nuansa yang bagus bagi seorang murid yang sedang beradaptasi/ berintrospeksi diri kepada lingkungan disekitar.


10. Apa tujuan berkurikulum berbasis kompetensi pada masa reformasi?


Kurikulum berbasis kompetensi pada masa reformasi adalah dimana pada sistem pendidikan sekolah di dlm negara kita dibuatkan kurikulum yg mampu mengarahkan siswa utk berfikir lebih cerdas dan kreatif serta mempunyai inovasi sendiri dari hasil perkembangan pikiran siswa sekolah.

11. sebutkan beberapa ciri ciri kurikulum berbasis kompetensi!


(1)   kompetensi dinyatakan secara jelas dari proses pembelajaran,
(2)   proses pembelajaran berorientasi kepada pencapaian kompetensi dan berfokus              pada mahasiswa,
(3)   lebih mengutamakan kesatuan penguasaan ranah kognitif, psikomotorik dan afektif, 
(4)   proses penilaian hasil belajar lebih ditekankan pada kemampuan untuk                          mendemonstrasikan kognitif, psikomotorik dan afektif.

semoga bermnfaat

12. jelaskan perbedaan kurikulum berbasis kompetensi (KBK) dan kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP)!


kalau menurut saya kurikulum Barbasis kompetensi biasanya memperhatikan nilai pengetahuan keterampilan dan sikap sedangkan kurikulum tingkat satuan pendidikan hanya memperhatikan nilai keterampilan dan pengetahuan

13. Jelaskan prinsip-prinsip pengembangan dan pelaksanaan kurikulum berbasis kompetensi tk


Jawaban:

eg eh

Penjelasan:

Jhhajsauyagadypr eiduapftiITASGAFI jju


14. 1. Jelaskan Bagaimana karakteristik Kurikulum berbasis kompetensi?


Kurikulum Berbasis Kompetensi memiliki ciri-ciri sebagai berikut : Menekankan pada ketercapaian kompetensi siswa baik secara individual maupun klasikal. Berorientasi pada hasil belajar (learning outcomes) dan keberagaman. Penyampaian dalam pembelajaran menggunakan pendekatan dan metode yang bervariasi.

Sumber : google

Semoga membantu:)

DM me on Ig @gathanegafyandhika_

Follow yak :)


15. Tujuan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) yang dikeluarkan oleh pemerintah pada 2004 adalah...


untuk mencerdaskan kehidupan bangsa


Video Terkait


Posting Komentar untuk "Contoh Kurikulum Pelatihan Berbasis Kompetensi"