Kegiatan 4 Pertanyaan Telaah
Kegiatan 6 pertanyaan telaah 4. Bagaimana teks diskusi ini di susun
1. Kegiatan 6 pertanyaan telaah 4. Bagaimana teks diskusi ini di susun
Jawaban:
Ada gambarnya ??
2. kelas 9 kegiatan 2 pertanyaan telaah
Jawaban:
Telah habis .telah selesaitelah putus asaudah pilih aja dua itu
ya jangan lupa follow
3. kegiatan 3 pertanyaan telaah struktur dan isi cerpen
1. Bagaimana pendapatmu dengan alur (plot) cerpen "Pohon Keramat". mudah diikuti atau aliran cerita tersendat-sendat? mengapa?
2. Cerpen pohon keramat memberi pelajaran yang serius. Dapatkah kamu menangkap pesan itu ?
Baca Juga :Kegiatan 5 Latihan Kata/ Kalimat Ekspresif
3. Apa yang dimaksud dengan ucapan tokoh kakek berikut: "Semakin banyak kebutuhan hidup, dan semakin banyak orang yang merasa pintar. Akan tetapi, orang-orang pintar itu tidak tahu tentang kebijaksanaan. Mereka tidak sadar bahwa sebagian besar manusia yang ada di dunia ini adalah yang ada di bawah standar kepintaran. Kisah Mbah Jayaksati masih diperlukan untuk melindungi Gunung Beser.
Jawab:
1. Alur plot cerpen pohon keramat memang mudah diikuti karena terdapat orientasi, rangkaian peristiwa, komplikasi dan resolusi tersusun dengan runtut.
Loading...
2. Betul sekali cerpen keramat memberi pelajaran bagi kita semua bahwa sangat penting menjaga keseimbangan alam. Apabila keseimbangan alam goyah karena pembangunan yang tidak memperhitungkan keseimbangan, terjadilah bencana alam seperti kekeringan pada waktu kemarau dan banjir pada waktu musim penghujan.
3. Ucapan tokoh kakek bisa kita artikan bahwa kepandaian tanpa disertai kebijakan hati nurani terhadap alam, hanya akan melahirkan kerusakan.
4. kegiatan 2 pertanyaan telaah!!4. pada bagian pendahuluan, penulis menggunakan kata "kita". Mengapa penulis melakukan ini?
Jawaban:
membuat pembaca merasakan bahwa ia terlibat dalam penulisan tersebut
Penjelasan:
maaf kalau salah
5. Suatu kegiatan tentang pertimbangan biaya yang akan dierlukan, penelaahan tentang keuntungan social yang akan dicapai, adalah ..
proses perencanaan produksi.
6. Bantu jawab kegiatan 4:Pertanyaan telaah no.1-13 , plis besok di kumpul.
Tahukah kamu mengapa kata hijau ditulis dalam tanda kutip"hijau"?jelaskan mengapa. Jawaban:karena kata hijau merupakan kata yang mempunyai tujuan atau makna terpenting dalam teks tersebut
7. Jawaban kegiatan 4 pertanyaan telaah bahasa Indonesia kelas 9 kurikulum 2013 edisi revisi 2018 halaman 126
Jawaban kegiatan 4 Pertanyaan Telaah buku Bahasa Indonesia kelas 9 halaman 126 adalah menelaah teks diskusi "Daur Ulang untuk Gaya Hidup Hijau ". Menelaah teks diskusi untuk mengetahui ciri-ciri yang digunakan pada teks diskusi.
PembahasanPada Kegiatan 4 Pertanyaan Telaah terdapat 13 pertanyaan.
Untuk pertanyaan nomor 1 hingga 11 dapat dilihat di
https://brainly.co.id/tugas/20970726https://brainly.co.id/tugas/2143261112. Apakah teks diskusi ini efektif? Jelaskan mengapa!
Teks diskusi ini belum efektif.
Menurut saya, gagasan utama sudut pandang lain dan alasan serta bukti pendukung sudut pandang lain lebih sedikit daripada gagasan utama satu sudut pandang. Hal ini memengaruhi pembaca apakah gagasan utama sudut pandang lain dapat meyakinkan pembacanya.
13. Kata-kata yang perlu dicermati (cari maknanya dalam kamus, kamus istilah bidang ilmu, atau ensiklopedia) adalah gaya hidup hijau, daur ulang, limbah B3, organik, nonorganik, kampung wisata, bonus.
Gaya hidup hijau adalah gaya hidup yang ramah lingkungan dan energi.Daur ulang adalah pemrosesan kembali bahan yang pernah dipakai.Limbah B3 adalah zat, energi dan/atau komponen lain yang karena sifat, konsentrasi dan/atau jumlahnya, baik secara langsung maupun tidak langsung, dapat mencemarkan, merusak lingkungan hidup, dan/atau dapat membahayakan lingkungan hidup, kesehatan, kelangsungan hidup manusia serta makhluk hidup lainnya.Organik adalah berhubungan dengan organisme hidup.Anorganik adalah mengenai atau terdiri atas benda selain manusia, tumbuhan, dan hewan.Kampung wisata adalah bentuk integrasi antara atraksi, akomodasi, dan fasilitas pendukung yang disajikan dalam suatu struktur kehidupan masyarakat di mana terdapat sekelompok wisatawan yang dapat tinggal atau berdekatan dengan lingkungan tradisional tersebut untuk belajar mengenai kehidupan masyarakatnya.Bonus adalah upah tambahan di luar gaji atau upah sebagai hadiah atau perangsang.Penjelasan tambahan: Pada perintah soal nomor 13, kamu diminta mencari makna kata yang dicermati. Kamu bisa memperoleh makna tersebut di sumber-sumber lainnya, tetapi dengan catatan: carilah di kamus terlebih dahulu. Bila tidak ada, carilah di sumber-sumber yang tepercaya. Contoh pada makna limbah B3. Kamu dapat menemukan maknanya di Undang-Undang nomor 32 tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup.
Pelajari lebih lanjutMakna gaya hidup hijau lainnya dapat dilihat di https://brainly.co.id/tugas/21414356
Makna kampung wisata lainnya dapat dilihat di https://brainly.co.id/tugas/21072847
Pengertian organik dan anorganik dapat dilihat di https://brainly.co.id/tugas/15983379
----------------------------------------------
Detil Jawabankelas: IX
Mapel: Bahasa Indonesia
Bab: Menyajikan Teks Diskusi (Bab 5)
Kode: 9.1.5
8. tuliskan dan jelaskan aspek aspek yang akan ditelaah dalam kegiatan menyunting teks eksemplun
Pengertian, Cara Menyunting, Beserta Contoh Suntingan - Menyunting adalah suatu kegiatan mengedit, mengubah, atau merapikan susunan letak atau penggunaan bahasa sebuah naskah tanpa mengubah makna. Hal ini seperti yang dituturkan oleh Depdikbud, bahwa menyunting merupakan kegiatan merapikan naskah agar dapat dicetak dengan melihat, membaca, atau memperbaiki naskah secara keseluruhan dari segi tata bahasa maupun segi materi, penyajian, kelayakan, dan kebenaran isi naskah yang akan diterbitkan.
Orang yang menyunting disebut penyunting. Biasanya penyunting adalah orang yang berpengalaman dibudangnya dan mengetahui atau memahami makna serta materi pada naskah. Dalam menyunting naskah, ada tiga aspek yang akan disunting, yaitu isi, organsasi (susunan, letak penulisan, enumerisasi, dll.), dan bahasa yang digunakan jika dirasa kurang tepat.
Menyunting teks ialah memperbaiki teks sesuai dengan kaidah-kaidah bahasa yang disesuaikan. Apa saja yang disunting dalam sebuah teks??? Sebuah teks disunting karena ingin menjaga kualitas teks tersebut. Misal pada sebuah surat kabar, sebelum berita diterbitkan, maka editor akan melihat terlebih dahulu naskah dan akan menyunting naskah tersebut, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkann. Adapun hal-hal yang dilihat dalam menyunting yaitu:
1. Ejaan. Editor atau penyunting akan melihat teks tersebut menggunakan aturan ejaan yang disempurnakan atau tidak, jika tidak maka harus disesuaikan. Contoh: mentiup merupaka kata yang imbuhan yang salah. Dalam aturan imbuhan me-, jikan bertemu dengan huruf “t”, maka “t” menjadi hilang. Sehingga kata “mentiup” disunting menjadi meniup.
2. Tanda baca. Penggunaan tanda baca seperti tanda titik (.), tanda koma (,), tanda petik (“....”) harus memiliki ketepatan, sehingga perlu diperhatikan juga jika sedang menyunting teks. Contoh: penulisan Mei Rukmana SPd. Memiliki kesalahan dalam penggunaan tanda baca. Penulisan yang sesuai dengan kaidah EYD yaitu setelah nama menggunakan tanda koma, dan penulisan gelar dipisahkan dengab tanda titik, seperti berikut Mei Rukmana, S.Pd.
3. Diksi. Pemilihan kata atau diksi juga harus diperhatikan, mengingat jenis tulisan yang sifatnya formal atu tidak penyuntin akan menggunakan diksi yang maknanya lebih halus atau menggunakan makna dentasi atau konotasi untuk menyampaikan maksud yang ingin diutarakan.
4. Kalimat. Keefektifan kalimat seperti susunan S-P-O-K atau lainnya.
5. Sistematika penulisan. Penulisan paragraf atau teks, mulai dari enumerisasi atau lainnya.
6. Kebenaran konsep. Dalam teks biasanya ditemukan konsep-konsep ilmiah, penynting aka melihat hal tersebut yang dicantumkan benar atau tidak.
9. Bantu jawab kegiatan 4:Pertanyaan telaah no.1-13 , plis besok di kumpul.
Jawaban:
soalnya yang mana ya??
10. mohon dibantu kak....kegiatan 4: pernyataan telaah hal.126 buku paket b indo kelas 9
Teks diskusi adalah teks yang menyajikan pendapat, sudut pandang, atau perspektif yang berbeda terhadap suatu permasalahan. Struktur teks diskusi adalah pendahuluan, isi, dan simpulan.
Pembahasan1. Selain judul di atas, coba buat judul lain yang lebih menarik menurutmu!
Contoh judul lainnya dapat dilihat pada https://brainly.co.id/tugas/19680922
2. Apa tujuan pendahuluan dalam teks diskusi ini?
Tujuan pendahuluan dalam teks diskusi ini adalah untuk memaparkan topik bahasan dengan sudut pandang yang berbeda.
3. Apakah menurutmu pendahuluan ini sudah efektif? Jelaskan mengapa!
Menurut saya, pendahuluan pada teks teresebut belum efektif, karena terlalu umum dan tidak sesuai dengan kata kunci yang terdapat pada judul teks.
4. Tahukah kamu mengapa kata hijau ditulis dalam tanda kutip ”hijau”? Jelaskan mengapa!
Kata hijau ditulis dalam tanda kutip karena mengandung kata kias.
5. Bagaimana teks diskusi ini disusun?
Teks diskusi ini disusun berdasarkan struktur pendahuluan, isi, dan struktur.
6. Bagaimana teks beralih dari satu sudut pandang ke sudut pandang yang lain? Teks beralih dengan menggunakan konjungsi atau kata hubung yang menghubungkan antargagasan.
7. Bagaimana simpulan berkaitan dengan bagian teks lainnya (isi dan pendahuluan)? Simpulan berkaitan dengan bagian teks lainnya karena terdapat kata kunci pada judul dan mengevalusi argumen yang paling efektif.
8. Apa bagian paling efektif dari simpulan? Mengapa?
Bagian paling efektif dari simpulan adalah menyajikan argumen dengan baik, karena pembaca dapat memahami isi teks.
9. Kata persuasif yang digunakan dalam teks ini adalah
Lebih mudahSelalu peduliBonusLebih efisienSangat masuk akal10. Kata hubung yang digunakan dalam teks adalah
NamunBahkanPada setiap kesempatanNamun di pihak lainPada saat yang sama11. Contoh pungtuasi yang digunakan dalam teks ini adalah
Tanda tanya dipakai pada akhir kalimat tanya.Tanda titik dipakai pada akhir kalimat.Tanda koma dipakai sebelum kata penghubung, memisahkan anak kalimat yang mendahului induk kalimatnya, dan memerinci unsur-unsur.Tanda titik koma pengganti kata penghubung untuk memisahkan kalimat setara yang satu dari kalimat setara yang lain di dalam kalimat majemuk.Pelajari lebih lanjutTujuan teks diskusi dapat dilihat di https://brainly.co.id/tugas/2696742
Tujuan pendahuluan pada teks diskusi dapat dilihat di https://brainly.co.id/tugas/18451082
Contoh teks diskusi antitawuran dapat dilihat di https://brainly.co.id/tugas/13984859
-------------------------------
Detil jawabanKelas: IX
Mapel: Bahasa Indonesia
Bab: Menyajikan Teks Diskusi
Kode: 9.1.5
11. Kegiatan 2 Membuat Kalimat Tanya Buatlah kalimat tanya berdasarkan wacana Mengucapkan Salam pada bagian Ayo Telaah. 1. 2. 3. 4.
Jawaban:
Siapa yg harus mengucapkan salama?
Kapan kita harus mengucapkan salam?
Bagaimana mengucapkan salam yg benar?
12. Perbaiki kalimat ini : Sangat berterimakasih atas pelibatan penelaah dalam kegiatan ini.
Saya sangat berterimakasih atas keterlibatan saudara dalam kegiatan penelaahan ini
13. apa saja yg harus dilakukan dalam kegiatan penelaah teks apabila dilihat dari aspek kebahasaannya
kegiatan menyellidiki atau mempelajari terhadap sebuah teks
14. Pertanyaan Telaah Halaman 106
Jawaban:
pertanyaannya apa
Penjelasan:
Maaf nggak ada pertanyaannya kak
15. pertanyaan telaah struktur dan isi cerpen
Sebutkan struktur cerpen!
Sebutkan paragraf rangkaian peristiwa pada teks cerpen tersebut!
Posting Komentar untuk "Kegiatan 4 Pertanyaan Telaah"