Sk Tim Pengembang Kurikulum Smp 2018
program untuk mengembangkan kurikulum 2013 SMP
1. program untuk mengembangkan kurikulum 2013 SMP
agar menerapkan sikap yang paling utama
mengembangkan nilai pengetahuan dan keterampilan
2. sebutkan beberapa hal yang perlu di perhatikan dalam mengembangkan motivasi belajar menurut Tim MGP & kelompok kerja pengembangan kurikulum
Jawaban:
Dalam upaya menghasilkan lulusan yang berkompeten dalam
bidang tarbiyah dan Ilmu Keguruan maka mahasiswa
harus dibekali materi kuliah yang relepan dan ditunjang
dengan program pengembangan kompetesi mahasiswa berupa
kegiatan Program Praktik Lapangan (PPL). empat standar memiliki
kompetensi yang harus dimiliki oleh seorang calon guru, yaitu (1)
kompetensi pedagogis, (2) kompetensi kepribadian, (3) kompetensi
sosial, dan (4) kompetensi profesional. Kompetensi pedagogis adalah
kompetensi yanga terkait dengan penguasaan guru tentang teori
belajar mengajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik,
termasuk di dalamnya penguasaan terhadap hal-hal yang terkait
dengan kurikulum
Tujuan pokok mata kuliah ini adalah memberikan modal
bagi pengembangan kurikulum dalam setiap individu mahasiswa.
Mengingat matakuliah ini diberikan untuk konsentrasi tarbiyah
dan ilmu keguruan, maka materi-materi yang diberikan dalam
matakuliah pengantar kurikulum.
Penjelasan:
maaf kalo slh
3. buku pegangan guru pr bahasa inggris smp kelas 9 kurikulum 2013 intan pariwara revisi 2018 unbk smp 2019
Jawaban:
terimakasih point nya
Penjelasan:
maaf
4. apa itu kurikulum dan bagaimana pengembangan kurikulum di indonesia ?
kurikulum tuh kaya pedoman gitu,kurikulum di indonesia pake kurtilas. itu ngajarin siswa buat mandiri gak bergantung sama guru. dan itu juga ngajarin kita buat menggunakan sesuatu yg ada disekitar kita.pengertian kurikulum dalam Pasal 1 butir 19 UU Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional yang menyebutkan bahwa “Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu”.
pengembangan kurikulum di indonesia masih perlu penyempurnaan kurikulum secara terus menerus sebagai upaya menyesuaikan kurikulum dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta tuntutan kebutuhan masyarakat dan penyempurnaan kurikulum dilakukan untuk mendapatkan proporsi yang tepat antara tujuan yang ingin dicapai dengan beban belajar, potensi siswa, dan keadaan lingkungan serta sarana pendukungnya.
semoga membantu
gomen kalau salah :)
5. ILMU PENGETAHUAN ALAM SMP/MTs Kelas 9 Kurikulum 2013 Edisi revisi 2018 Halaman 171-172
GANJIL OR GENAP?
IPA
1dan 2kanan=ganjil
3dan 4kiri=genap
Jawaban + Penjelasan:
Ayo, Kita Pahami
Contoh Soal
1. Dua buah muatan listrik positif yang ada di dalam membran sel saraf masing-masing sebesar q dan 2q terletak pada jarak 2 cm. Hitung berapakah gaya Coulomb yang dialami kedua muatan tersebut jika q=1,6 × 10⁻¹⁹ C!
(Besarnya konstanta (k)= 9 x 10⁹ Nm²/C²)
Diketahui:
Muatan 1 (q₁) = +q = 1,6 × 10⁻¹⁹ C
Muatan 2 (q₂) = +2q = 3,2 × 10⁻¹⁹ C
Jarak kedua muatan (r) = 2 cm = 2 × 10⁻² m
Ditanya: gaya Coulomb kedua muatan.
Jawab:
q₁ ⋅ q₂
Fᶜ = k ⋅ ----------
r²
(1,6 × 10⁻¹⁹ C) × (3,2 × 10⁻¹⁹ C)
F = 9 × 10⁹ Nm²/C² × ----------------------------------------
(2 × 10⁻² m)²
F = 11,52 × 10⁻²⁵ Nm²/C²m²
F = 11,52 × 10⁻²⁴ N
Jadi besar gaya Coulomb yang dialami muatan positif q dan 2q yang terpisah pada jarak 2 cm adalah 1,152 × 10⁻²⁴ N.
2. Jika besar gaya Coulomb antara dua muatan identik A dan B adalah 1,6 N, serta kedua muatan tersebut terpisah pada jarak 3 cm, berapakah besar muatan A dan B?
Diketahui:
Gaya Coulomb kedua muatan = 1,6 N
Jarak kedua muatan = 3 cm = 0,03 m
Ditanya: besar muatan A dan B
Jawab:
Muatan A dan B identik sehingga qᴀ = qʙ = qᴄ
q₁ ⋅ q₂
Fᶜ = k ⋅ ----------
r²
q²
1,6 = 9 × 10⁹ Nm²/C² × ------------------
(3 × 10⁻² m)²
1,6 = 9 × 10⁻⁴
q² = ------------------
9 × 10⁹
▁▁▁▁▁ ▁▁▁▁
q =/1,6 × 10⁻¹³ = /16 × 10⁻¹⁴
q = 4 × 10⁻⁷C = 0,4 μC
Jadi, Besar muatan identik A dan B adalah 0,4 μC.
6. keterkaitan perubahan kurikulum dengan pengembangan kurikulum
Jawaban:
kurikulum tuh kaya pedoman gitu,kurikulum di indonesia pake kurtilas. itu ngajarin siswa buat mandiri gak bergantung sama guru. dan itu juga ngajarin kita buat menggunakan sesuatu yg ada disekitar kita.
maaf kalau salah
7. jawaban uji kompetensi 1 matematika kelas 9 SMP halaman 58 kurikulum 2013 revisi 2018
Jawaban uji kompetensi 1 matematika kelas 9 SMP halaman 58 kurikulum 2013 revisi 2018. Uji kompetensi 1 merupakan kumpulan soal Perpangkatan dan Bentuk Akar. Untuk soal bisa dilihat pada lampiran I.
Sifat Perpangkatan
xᵃ × xᵇ = xᵃ⁺ᵇxᵃ : xᵇ = xᵃ⁻ᵇ(xᵃ)ᵇ = xᵃᵇ(xy)ⁿ = xⁿ . yⁿUntuk lebih lengkap sifat perpangkatan dan bentuk akar bisa dilihat pada lampiran II dan III.
Pembahasan1. Dapatkan hasil dari operasi perpangkatan berikut ini.[tex]\displaystyle \frac{64^{2} + 16^{3}}{4^{5}}[/tex] = [tex]\displaystyle \frac{(2^{6})^{2} + (2^{4})^{3}}{(2^{2})^{5}}[/tex]
= [tex]\displaystyle \frac{2^{12} + 2^{12}}{2^{10}}[/tex]
= [tex]\displaystyle \frac{2 \times 2^{12}}{2^{10}}[/tex]
= [tex]\displaystyle \frac{2^{13}}{2^{10}}[/tex]
= 2¹³⁻¹⁰
= 2³
= 8
2. Dapatkan bentuk perpangkatan yang ekuivalen dengan bilangan dibawah ini.a. √8 = [tex]\displaystyle 8^{\frac{1}{2}} = (2^{3})^{\frac{1}{2}} = 2^{\frac{3}{2}}[/tex]
b. ∛27 = [tex]\displaystyle 27^{\frac{1}{3}} = (3^{3})^{\frac{1}{3}} = 3^{\frac{3}{3}}[/tex] = 3¹
3. Diketahui [(xⁿ⁻¹ yⁿ)³] / [x²ⁿ y⁶⁺ⁿ] senilai dengan xᵃ yᵇ. Tentukan nilai b/a.[tex]\displaystyle \frac{(x^{n-1} ~y^{n})^{3}}{x^{2n} ~y^{6+n}} = \frac{x^{3 (n-1)} ~y^{3n}}{x^{2n} ~y^{6+n}}[/tex]
= [tex]\frac{x^{3n - 3} ~y^{3n}}{x^{2n} ~y^{6+n}}[/tex]
= x³ⁿ⁻³⁻²ⁿ y³ⁿ ⁻ ⁶⁻ⁿ
= xⁿ⁻³ y²ⁿ⁻⁶
Karena senilai dengan xᵃ yᵇ, maka nilai a = n - 3 dan b = 2n - 6.
Nilai b/a = [tex]\displaystyle \frac{2n - 6}{n - 3}[/tex]
= [tex]\displaystyle \frac{2(n - 3)}{n - 3}[/tex]
= 2
4. Sederhanakan operasi perpangkatan berikut ini.a.
y³ × (3y)² = y³ × 3² × y²
= 9 × y³⁺²
= 9 y⁵
b.
√b 2y⁵ × b³ 6 y² = [tex]b^{\frac{1}{2}}[/tex] 2y⁵ × b³ 6 y²
= 2 × 6 × [tex]b^{\frac{1}{2}+ 3}[/tex] × y⁵⁺²
= 12 [tex]b^{\frac{7}{2}}[/tex] y⁷
c.
(tn³)⁴ × 4t³ = t⁴ × 4t³
= 4 n¹² t⁴⁺³
= 4 n¹² t⁷
d.
(2x³) × 3(x²y²)³ × 5y⁴ = 2 x³ × 3 × × 5 y⁴
= 2 × 3 × 5 × x³ × x⁶ × y⁶ × y⁴
= 30 x³⁺⁶ y⁶⁺⁴
= 30 x⁹ y¹⁰
5. Tuliskan bilangan dibawah ini dalam notasi ilmiah.a. 0,00000056 = 5,6 × 10⁻⁷
b. 2.500.000 = 2,5 × 10⁶
c. 0,98 = 9,8 × 10⁻¹
d. 10.000.000.000.000 = 1 × 10¹³
6. Hitung hasil pada perpangkatan berikut ini. Tuliskan jawabanmu dalam notasi ilmiaha. 12 × 2³ = 12 × 8
= 96
= 9,6 × 10
b. 7,27 × 10² - 0,5 × 10³ = (7,27 × 100) - (0,5 × 1000)
= 727 - 500
= 227
= 2,27 × 10²
c. (8,32 × 10⁴) : (4 × 10⁻⁶) = (8,32 : 4) × 10⁴⁻⁽⁻⁶⁾
= 2,08 × 10¹⁰
d. 3,7 × 10³ × 5,2 × 10⁻³ = 3,7 × 5,2 × 10³⁺⁽⁻³⁾
= 19,24 × 10⁰
= 1,924 × 10
Untuk lanjutan jawaban Uji kompetensi 1 halaman 59 dari no 7 - 13 bisa disimak brainly.co.id/tugas/23721683
--------------------------------------------------------------
Pelajari lebih lanjut tentang Pangkat dan Bentuk Akar Diberikan x = 24 dan y = 54. Tentukan hasil operasi dibawah ini,tuliskan jawabanmu dalam bentuk perpangkatan yang paling sederhana → https://brainly.co.id/tugas/3082107Berapa banyak detik dalam kurun waktu 60.000 tahun? tuliskan hasilnya dalam notasi ilmiah! → https://brainly.co.id/tugas/3878362Latihan 1.4. Pangkat nol, pangkat negatif dan bentuk akar → brainly.co.id/tugas/23298515Temukan nilai x pada persamaan matematika dibawah ini . a. 7 pangkat x = 343 → brainly.co.id/tugas/2963598tentukan nilai perpangkatan berikut a. 3³ × 2 × 3⁷ → brainly.co.id/tugas/2933851Detil JawabanKelas : 9 SMP (K-13 revisi 2018)Mapel : MatematikaBab : 1 - Bilangan Berpangkat dan Bentuk AkarKode : 9.2.1Kata kunci : bentuk perpangkatan, uji kompetensi 1, perpangkatan dan bentuk akarSemoga bermanfaat
8. Apakah yang akan terjadi apabila seorang pengembang kurikulum mengabaikan prinsip-prinsip pengembangan kurikulum
Jawaban:
jika tidak, penggunaan kurikulum akan sia-sia tidak berguna, hal ini berdampak bagi siswa dan guru.
Penjelasan:
maafklo slah.
9. Tim oposisi kurikulum 2013timti
Maaf maksudnya ini gimana ya kak
10. Dalam pengembangan kurikulum, dikenal beberapa model pengembangan kurikulum. Jelaskan model-model pengembangan kurikulum yang ada disertai pemaparan tentang kelebihan dan kekurangan dari setiap model pengembangan kurikulum tersebut
Jawaban:
Model pengembangan kurikulum merupakan kerangka atau pola pikir yang digunakan sebagai acuan dalam proses pengembangan kurikulum. Ada beberapa model pengembangan kurikulum yang dikenal, diantaranya adalah:
1. Model Kemandirian
Model ini menekankan pada kemandirian individu atau kelompok dalam membuat keputusan mengenai kurikulum yang akan dikembangkan. Kelebihan model ini adalah memberikan kebebasan bagi individu atau kelompok untuk mengembangkan kurikulum sesuai dengan kebutuhan dan keinginannya. Namun, kekurangan model ini adalah seringkali tidak memperhatikan aspek-aspek yang lebih luas seperti tujuan pembelajaran, sasaran pembelajaran, dan kesesuaian dengan perkembangan peserta didik.
2. Model Konsensus
Model ini menekankan pada kesepakatan yang tercapai bersama antara berbagai pihak yang terkait dengan kurikulum yang akan dikembangkan. Kelebihan model ini adalah menghasilkan kurikulum yang terintegrasi dan mengakomodasi kebutuhan dan keinginan berbagai pihak yang terkait. Namun, kekurangan model ini adalah proses pencapaian kesepakatan yang seringkali memakan waktu yang lama dan kurang efisien.
3. Model Top-down
Model ini menekankan pada kebijakan yang dibuat oleh pihak yang berwenang (pemerintah atau lembaga terkait) yang kemudian harus dilaksanakan oleh sekolah atau lembaga pendidikan. Kelebihan model ini adalah mampu menjamin kesesuaian kurikulum dengan kebijakan yang telah ditetapkan oleh pihak yang berwenang. Namun, kekurangan model ini adalah tidak memperhatikan kebutuhan dan keinginan sekolah atau lembaga pendidikan serta kurang fleksibel dalam mengakomodasi perkembangan peserta didik.
Penjelasan:
Ada beberapa model pengembangan kurikulum yang dikenal dalam dunia pendidikan, yaitu:
1. Model pengembangan kurikulum konservatif
Model ini merupakan model pengembangan kurikulum yang menekankan pada pemeliharaan dan pengembangan tradisi dan nilai-nilai yang telah ada. Model ini lebih menekankan pada konsistensi dan stabilitas daripada perubahan dan inovasi.
Kelebihan dari model ini adalah:
Menjamin keutuhan dan konsistensi sistem pendidikanMemberikan stabilitas dan kepastian bagi guru dan siswa dalam proses pembelajaranKekurangan dari model ini adalah:
Tidak mampu menyesuaikan diri dengan perubahan dan tuntutan zamanTerlalu terpaku pada tradisi sehingga tidak mampu memberikan inovasi dan perubahan yang diperlukan2. Model pengembangan kurikulum empiris
Model ini merupakan model pengembangan kurikulum yang didasarkan pada pengalaman dan hasil penelitian empiris. Model ini lebih menekankan pada pengumpulan data dan fakta yang dapat diuji secara objektif untuk mengembangkan kurikulum.
Kelebihan dari model ini adalah:
Memperoleh data yang akurat dan teruji secara objektifMampu memberikan bukti-bukti yang dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiahKekurangan dari model ini adalah:
Terlalu terfokus pada data dan fakta, sehingga tidak mampu mengakomodasi aspek-aspek yang tidak dapat diukur secara kuantitatifProses pengembangan kurikulum dapat terlalu lambat karena tergantung pada penelitian dan pengumpulan data yang memakan waktu3. Model pengembangan kurikulum partisipatif
Model ini merupakan model pengembangan kurikulum yang menekankan pada partisipasi dan keterlibatan aktif dari berbagai pihak yang terkait dalam proses pengembangan kurikulum. Model ini memperhatikan kebutuhan, kepentingan, dan aspirasi dari guru, siswa, orang tua, dan masyarakat luas.
Kelebihan dari model ini adalah:
Memperoleh input dan masukan yang bermakna dari berbagai pihak yang terkaitMendorong terciptanya kurikulum yang bermakna dan relevan bagi kebutuhan dan kepentingan masyarakatMenciptakan kesadaran dan tanggung jawab yang lebih tinggi dari berbagai pihak terkait dalam proses pengembangan kurikulumKekurangan dari model ini adalah:
Proses pengembangan kurikulum dapat terlalu lama karena perlu melibatkan banyak pihak dan mengakomodasi berbagai kebutuhan dan kepentingan yang berbeda-bedaDapat terjadi konflik dan perbedaan pendapat antara berbagai pihak yang terlibat dalam proses pengembangan kurikulum4. Model pengembangan kurikulum teoritis
Model ini merupakan model pengembangan kurikulum yang didasarkan pada teori-teori dan konsep-konsep yang terkait dengan pendidikan dan pembelajaran. Model ini lebih menekankan pada pengaplikasian teori-teori tersebut dalam proses pengembangan kurikulum.
Kelebihan dari model ini adalah:
Memberikan landasan teori yang kuat dan teruji secara ilmiah dalam proses pengembangan kurikulumMendorong terciptanya kurikulum yang bermakna dan efektif dalam proses pembelajaranKekurangan dari model ini adalah:
Terlalu terfokus pada teori-teori yang terdapat dalam literatur, sehingga tidak selalu mampu mengakomodasi kondisi dan kebutuhan kontekstual di lapanganProses pengembangan kurikulum dapat terlalu rumit dan teknis, sehingga kurang bersifat praktis dan mudah dipahami oleh guru dan siswaModel-model pengembangan kurikulum di atas merupakan beberapa contoh model yang umum digunakan dalam dunia pendidikan. Setiap model memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Pemilihan model pengembangan kurikulum yang tepat tergantung pada kondisi dan kebutuhan kontekstual yang ada.
11. Kunci jawaban penilaian akhir tahun smp semester genap tahun pelajaran 2018/2019 kurikulum 2013 pelajaran penjasorkes
Jawaban:
soalnya mana ya saya tidak tahu
12. Apa kaitan evaluasi kurikulum dan pengembangan kurikulum??
Jawaban:
Dalam KBBI, evaluasi artinya penilaian. Maka penilaian kurikulum berkaitan erat dengan pengembangan kurikulum.
Penjelasan:
Misalkan penilaian suatu kurikulum sudah baik, maka diperlukan hal-hal lain yang dapat digunakan untuk mengembangkan kurikulum supaya lebih baik lagi.
Misalkan penilaian suatu kurikulum kurang baik, maka diperlukan solusi-solusi sehingga kekurangan yang ada pada kurikulum bisa diminimalkan (kalau bisa dihilangkan).
13. Agar setiap komponen kurikulum memiliki validitas dan kesesuaian dengan komponen kurikulum lainnya, maka dalam pengembangannya harus memperhatikan prinsip pengembangan kurikulum yang mana? Jelaskan!
Jawaban:
yang paling menonjol dikalangan pelajar....
Penjelasan:
maaf,jwbnnya asal-asalan
14. Apa saja patokan dalam pengembangan kurikulum dan bagaimana memunculkan inovasi baru dari pengembangan kurikulum tersebut
Patokan yang dijadikan pengembangan kurikulum antara lain efektiftas, efisiensi, fleksibilitas dan juga integritas.
Cara memunculkan inovasi baru dari pengembangan kurikulum tersebut salah satunya adalah dengan menentukan suatu topik sesuai dengan kompetensi dasar yang menurut dengan tuntutan kurikulum setelah itu mempelajari dasar teoritis yang sudah relevan dan juga hasil pengembangan dari kurikulum yang sebelumnya.
Pembahasan:
Kurikulum adalah suatu perangkat atau juga suatu sistem rencana serta pengaturan tentang bahan pembelajaran yang bisa dijadikan pedoman pada aktivitas belajar mengajar. Sehingga semua yang terlibat dan juga ikut berkaitan langsung dalam proses pembelajaran maka wajib memahami isi dari kurikulum tersebut.
Dalam kurikulum terdapat komponen yang tidak bisa terpisahkan yaitu :
Tujuan kurikulumMateri pembahasanStrategi pembelajaranOrganisasi dalam kurikulumEvaluasiPelajari lebih lanjut
Ciri dan tujuan kurikulum
brainly.co.id/tugas/1674500
#Belajarbersamabrainly
#SPJ1
15. Ilmuwan yang mengembangkan sistem klasifikasi lima kingdom adalah ... (hal. 36) Buku Mandiri (Mengasah Kemampuan Diri) Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Untuk SMP Kelas 1/ Kurikulum 2013/ Penerbit Erlangga Tahun 2015/ Penulis: Tim Abdi Guru
Robert.H.Whittaker........
Posting Komentar untuk "Sk Tim Pengembang Kurikulum Smp 2018"