Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Aplikasi Psb Menggunakan Excel


Cara Membuat Aplikasi Psb Menggunakan Excel

Cara membuat aplikasi persediaan di excel

1. Cara membuat aplikasi persediaan di excel


Menu Daftar Barang.
 Menu berisi sebuah control berupa form input barang yang berfungsi untuk menambah, menghapus atau mengedit barang yang akan disimpan pada tabel daftar barang.
Menu Mutasi Barang
Menu ini berisi sebuah control berupa form mutasi barang yang berfungsi untuk melakukan transaksi terhadap keluar dan masuknya barang sehingga akan menghitung sisa barang yang tersedia pada stock jurnal.
Menu Laporan
Menu ini berisi sebuah form yang berfungsi untuk membuat laporan-laporan sederhana mengenai transaksi-transaksi yang sudah dilakukan terhadap persediaan barang.
Form About
Form ini berfungsi untuk penjelasan detail tetang aplikasi ini.





Menu Daftar Barang. Menu berisi sebuah control berupa form input barang yang berfungsi untuk menambah, menghapus atau mengedit barang yang akan disimpan pada tabel daftar barang. 



Menu Mutasi Barang. Menu ini berisi sebuah control berupa form mutasi barang yang berfungsi untuk melakukan transaksi terhadap keluar dan masuknya barang sehingga akan menghitung sisa barang yang tersedia pada stock jurnal. 





Menu LaporanMenu ini berisi sebuah form yang berfungsi untuk membuat laporan-laporan sederhana mengenai transaksi-transaksi yang sudah dilakukan terhadap persediaan barang. Laporan-laporan ini dapat diatur berdasarkan rentang waktu dan jenis atau tipe barang yang Anda inginkan.




Form AboutForm ini berfungsi untuk penjelasan detail tetang aplikasi ini. 




did bawah ini adalah gambar nya : 

2. bagaimana cara membuat aplikasi microsoft excel?


Masuk Ms. Excel dan buat 3 buah sheet dengan masing masing nama sheet "Utama, Main, Stock, dan Laba". Untuk sheet utama jangan diisi data apapun namun beri warna background agar lebih menarik.

Pada sheet Main, buat tabel transaksi seperti terlihat pada gambar berikut

Pada cells F7 ketikan =IF(C7="","",VLOOKUP(C7,stock!$B$4:$C$23,2,FALSE))
pada cell G7 ketikan =IF(D7="","",VLOOKUP(C7,stock!$B$4:$F$24,3,FALSE))
pada cells H7 ketikkan =IF(E7="","",VLOOKUP(C7,stock!$B$4:$E$23,4,FALSE))
pada cells I7 ketikkan =IF(D7="","",G7*D7+H7*E7)
pada cells J7 ketikan =IF( E7="","",IF(K7-D7-E7*L7<0,"stock kurang","ada"))
pada cells I20 ketikkan =IF(I7="","",SUM(I7:I19)) dan
pada cell I22 ketikkan =IF(I20="","",I21-I20)

Pada sheets Stock buat database barang seperti berikut
Pada sheet Laba buat tabel seperti pada gambar berikut

Setelah tabel laba terbuat ketikan rumus di cell C3 berikut=IF(main!C7="","",VLOOKUP(main!C7,stock!$B$4:$H$23,7,FALSE)) dan di cells D3 ketikan =IF(main!I7="","",(main!I7-((main!D7)+(main!E7*main!L7))*C3))

Agar program aplikasi kasir lebih menarik Anda harus sedikit membuat macro VBA untuk membuat tombol pada sheet Main. Buat tombol Barang, Laba, dan Hapus Data dan buat macro copykan script berikut :

Sub DeleteStuff()
Dim c As Range
For Each c In Range("C7:E19")
If Not IsNumeric(c) Then c.ClearContents
Next c
End Sub

Sub barang()
Sheets("stock").Select
End Sub
Sub laba()
Sheets("laba").Select
End Sub
Sub Auto_Open()
UserForm1.Show
End Sub

langkah berikutnya Anda harus membuat menu agar ketika membuka file aplikasi kasir ini tampilan pertama yang muncul adalah menu utama dengan cara klik menu developer kemudian view code dan buat form seperti biasa, tampilannya kira-kira seperti berikut

Buat script VBA seperti berikut
Private Sub CommandButton1_Click()
Sheets("main").Select
Range("A1").Select
End Sub

Private Sub CommandButton2_Click()
Sheets("stock").Select
Range("A1").Select
End Sub

Private Sub CommandButton3_Click()
Sheets("laba").Select
Range("A1").Select
End Sub

Private Sub CommandButton4_Click()
Me.Hide
End Sub

Langkah terkhir coba Anda isikan data penjualan transaksiMaksudnya?? kalau buat aplikasi ga bisa bisanya beli mungkin seharga 700.000 untuk 3 PC.. 

3. Buatlah di aplikasi excel​


Jawaban:

karena kamu tidak menjelaskan menggunakan formula apa, saya asumsikan kamu menggunakan MATCH dan INDEX  


4. format file yang dibuat menggunakan aplikasi MS Excel 2013 adalah​


Jawaban: .xlsx

Penjelasan:Data atau file dengan ekstensi .XLSX adalah sebuah file Microsoft Excel Open XML Spreadsheet yang dibuat memakai aplikasi Microsoft Excel. Namun, karena formatnya open XML, file ini bisa dibuka oleh sejumlah aplikasi, seperti Open Office, Google Docs, hingga Apple Numbers.

extensi file dri Ms Excel 2013 adalah : .xlsx

Semoga membantu

5. cara menyisipkan gambar dengan menggunakan program aplikasi microsoft excel


Buka pada menu bar yaitu INSERT.

6. bagaimana cara membuat nyaaTolongg harus segera di kirimkan Kaakk#Aplikasi Excel​


Jawaban:

Pilih menu insert

pilih ikon kolom

dan berapa kolom yang ingin anda buat dan tekan ok


7. sebutkan beberapa bentuk laporan yang dapat dibuat menggunakan aplikasi ms excel


1.daftar nilai ujian sisiwa
2.daftar soal ujian siswa
3.daftar jawaban soal buku paket 

8. bagaimana cara menutup aplikasi microsoft excel dengan menggunakan keyboard


Gunakan shorcut ALT+F4Alt + F4..........................

9. Jelaskan menurut anda manfaat penggunaan excel dan kendala menggunakan aplikasi excel tersebut *


Jawaban:

Manfaat penggunaan Ms. Excel yaitu bs menghitung angka dalam jumlah banyak, memudahkan menulis daftar terutama daftar yg terdapat harga.. dll

Kendalanya selama saya pakai belum ada..

semoga membantu:)


10. Apa kegunaan aplikasi Microsoft Excel?​


Jawaban:

Secara ringkas, aplikasi Ms. Excel digunakan untuk mengolah data angka.

Penjelasan:

Bila ditelusuri lebih lanjut, Ms. Excel digunakan untuk memudahkan penggunanya dalam membuat laporan-laporan yg berkaitan dg angka. Seperti:

- Laporan laba-rugi.

- Laporan nilai ujian mahasiswa.

- Laporan anggaran belanja.

- Laporan daftar harga barang.

dll.


11. cara membuat pengamatan PSB yang kedua​


Jawaban:

Mksd nya

Penjelasan:


12. Perintah dan cara penggunaannya dari aplikasi word ,excel, power poin​


Jawaban:

CARI DI LKS JGN BRAINLY TERUS


13. bagaimana cara membuat aplikasi buku besar perusahaan dagang pada microsoft excel


Bisa dibuat tabelnya satu-satu atau pakai advance filter

14. Setelah menyelesaikan pembuatan laporan menggunakan program aplikasi Microsoft Excel, maka perintah yang digunakan untuk menutup lembar kerja Microsoft Excel adalah ..... *


Jawaban:office button save

Penjelasan:

Maaf kalau salah


15. Apa kegunaan Dari aplikasi Microsoft excel


Untuk mencatat data
(setahu saya)sebagai media menghitung

Video Terkait


Posting Komentar untuk "Cara Membuat Aplikasi Psb Menggunakan Excel"