Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Analisis Butir Soal K13


Analisis Butir Soal K13

Bagaimana langkah-langkah sederhana dalam menganalisis butir soal

Daftar Isi

1. Bagaimana langkah-langkah sederhana dalam menganalisis butir soal


Jawaban:

1. Pahami soal dengan baik

2. Perhatikan kata kunci yang ada pada soal

3. Perhatikan apa yang diketahui dan ditanya

4. Jawab sesuai dengan rumus, logika, dan penalaran

5. Pastikan jawaban sesuai dengan pertanyaan. Menjawab tidak boleh tergesa-gesa

6. Apabila soal kurang dimengerti, lewati soal tersebut lalu beralih ke soal selanjutnya

Penjelasan:

Itulahbeberapalangkah/carasederhanadalammenganalisisbutir-butirsoal.


2. hal hal apa saja yang harus diperhatikan dalam menganalisis k13?


Jawaban:

1. jaga kesehatan

2.tetap aktiv dalam menjawab pertanyaan.

3.selalu lakukan apa yang diperintah guru

Penjelasan:

karana kalau kita tidak melakukan itu kita akan menyesal


3. mengapa teknik analisis butir soal secara manual sering dilakukan


Jawaban:

Dengan melakukan analisis butir soal dapat diperoleh banyak informasi yang bermanfaat, baik untuk guru, siswa maupun proses pembelajaran itu sendiri. Menganalisis butir soal dilakukan dengan harapan dapat meningkatkan kualitas butir soal tersebut.

Mengapa Analisis Butir Soal Penting?

Dengan melakukan analisis butir soal dapat diperoleh banyak informasi yang bermanfaat, baik untuk guru, siswa maupun proses pembelajaran itu sendiri. Menganalisis butir soal dilakukan dengan harapan dapat meningkatkan kualitas butir soal tersebut. Menurut Nitko (1983), analisis butir soal menggambarkan suatu proses pengambilan data dan penggunaan informasi tentang butir-butir soal, terutama informasi tentang respon siswa terhadap setiap butir soal. Lebih lanjut penggunaan analisis butir soal adalah sebagai berikut:

1. Untuk mengetahui apakah butir-butir soal yang disusun sudah berfungsi sesuai dengan apa yang dikehendaki oleh penyusun soal. Untuk itu perlu diperhatikan hal-hal sebagai berikut:

Apakah soal-soal yang disusun sudah sesuai untuk mengukur perubahan tingkah laku seperti telah dirumuskan dalam tujuan pembelajaran khusus?

Apakah tingkat kesukaran soal sudah diperhitungkan?Apakah soal tersebut sudah mampu membedakan antara siswa yang pandai dengan siswa yang kurang pandai?Apakah kunci soal sudah sesuai dengan maksud soal?Jika digunakan tes pilihan ganda, apakah pengecoh (distractor) yang dipilih sudah berfungsi dengan baik?Apakah soal tersebut masih dapat ditafsirkan ganda atau tidak?

2. Sebagai umpan balik bagi siswa untuk mengetahui kemampuan mereka dalam menguasai suatu materi.

3. Sebagai umpan balik bagi guru untuk mengetahui kesulitan-kesulitan yang dialami siswa dalam memahami suatu materi.

4. Sebagai acuan untuk merevisi soal.

5. Untuk memperbaiki (meningkatkan) kemampuan guru dalam menulis soal.


4. Aku mau dikasih soal tentang pelajaran K13​


Jawaban:

bagaimana km mengamalkan pancasila sesuai dengan qaidah-qaidahnya?dan apakah km sudah mengamalkannya?

Penjelasan:

udah mengamal kan pancasila atau belum?


5. Siapa Tema 2 K13 Membuat soal


Jawaban:

5W+1H

#maafgk tau jawbaan


6. Analisis sila pertama butir ketujuh


Jawaban:

mbo lo jawab dewe kan duwe buku


7. Analisis Kesulitan guru dalam dalam implementasi k13


Pendapat tersebut disampaikan oleh Staf Khusus Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Bidang Pengawasan dan Pengendalian Pembangunan (UKMP3), Agnes Tuti Rumiati, dalam Dialog dan Konsultasi Nasional terkait Kurikulum 2013. Dia menyebut, terdapat banyak hal yang belum dipahami tenaga pendidik terkait kurikulum 2013.   "Yang kurang dipahami adalah proses penilaian yang dianggap rumit. Banyak yang belum paham dalam memberikan penilaian dalam implementasi kurikulum 2013," ujar Tuti di Gedung PGRI, Jakarta Pusat, Kamis (16/10/2014).   Kedua, kata Tuti, para guru masih kesulitan menerapkan scientific approach dalam kegiatan belajar mengajar. Menurut Tuti, metode tersebut digunakan karena melihat adanya gap antara jenjang pendidikan, baik SD ke SMP, SMP ke SMA, SMA ke Perguruan Tinggi.   "Baru kaget ketika lihat hasil PISA. Tapi sebenarnya sudah lama dan memang ada. Dari lima langkah pendekatan scientific, yakni mengamati, menanya, menalar, mencoba, dan membentuk jejaring, yang sering terlewat ialah menalar," tutur Dosen di Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya itu.   Kendala ketiga, ungkap Tuti, adalah membuat siswa aktif. Sebab, dalam kurikulum 2013, guru harus pintar menjadi fasilitator agar siswa bertanya. Sayang, belum semua guru mampu melaksanakannya.   "Persoalan lainnya ialah terkait project based learning dan pelatihan guru. Pelatihan jangan semuanya tapi satu per satu dalam sekali waktu," kata jebolan S-3 Statistik dari Institut Pertanian Bogor (IPB) itu.

kurikulum k13 asyik asyik asyik banyak PR gk kerjain PR guru marah


8. uraikan hal hal yang harus diperhatikan dalam menganalisis suatu kurikulum K13 sd​


Jawaban:

hal hal yg harus di perhatikan dalam menganalisis kurikulum K13 adalah pemahaman teks bacaan, tema, gambar dan ringkasan.

Penjelasan:

maaf kal salah


9. menganalisis butir-butir pancasila ke 4 & 5??? tolong!!!


sila ke 4. SILA KERAKYATAN YANG DIPIMPIN OLEH HIKMAT KEBIJAKSANAAN DALAM PERMUSYAWARATAN / PERWAKILANMengutamakan kepentingan negara dan masyarakat.Tidak memaksakan kehendak kepada orang lain.Mengutamakan musyawarah dalam mengambil keputusan untuk kepentingan bersama.Musyawarah untuk mencapai mufakat diliputi semangat kekeluargaan.Dengan itikad baik dan rasa tanggung jawab menerima dan melaksanakan hasil musyawarah.Musyawarah dilakukan dengan akal sehat dan sesuai dengan hati nurani yang luhur.Keputusan yang diambil harus dapat dipertanggung jawabkan secara moral kepada Tuhan Yang Maha Esa, menjunjung tinggi harkat dan martabat manusia serta nilai-nilai kebenaran dan keadilan.sila ke 5. SILA KEADILAN SOSIAL BAGI SELURUH RAKYAT INDONESIAMengembangkan perbuatan-perbuatan yang luhur yang mencerminkan sikap dan suasana kekeluargaan dan gotong-royong.Bersikap adil.Menjaga keseimbangan antara hak dan kewajiban.Menghormati hak-hak orang lain.Suka memberi pertolongan kepada orang lain.Menjauhi sikap pemerasan terhadap orang lain.Tidak bersifat boros.Tidak bergaya hidup mewah.Tidak melakukan perbuatan yang merugikan kepentingan umum.Suka bekerja keras.Menghargai hasil karya orang lain.Bersama-sama berusaha mewujudkan kemajuan yang merata dan berkeadilan sosial.

10. Jelaskan, mengapa analisis butir soal dianggap penting dalam kegiatan pembelajaran khusunya pada tahap penilaian !


Jawaban:

Peran Analisis Butir Soal Guna Meningkatkan Kualitas Butir Soal. Peran penting analisis butir soal adalah untuk mengetahui kualitas soal serta dilakukan tindakan lebih lanjut untuk merevisi soal jika terjadi kekurangan


11. 4 pertanyaan yang diajukan dalam menganalisis pantun (k13)


apakah sajak pada pantun sesuai dengan aturan?
termasuk jenis apakah pantun tersebut?
berapa jumlah kata dalam setiap baris pantun tersebut?
apakah makna/ isi dari pantun tersebut?

12. sebagai seorang guru membuat soal adalah keterampilan yang wajib dimiliki. memahami bagaimana menganalisis butir soal adalah salah satu hal krusial terkait hal tersebut. deskripsikan bagaimana cara anda mengetahui tingkat kesulitan butir soal dan daya beda soal tersebut. lengkapi dengan alasan mengapa anda patut melakukan kedua hal tersebut.​


Jawaban:

yaitu disesuaikan dengan kemampuan dari seorang siswa, yg sudah dipelajari, dijelaskan kepada siswa,itu akan membangun para siswa lebih nyaman untuk memahami dan menjawab soal tersebut.

ketika para guru membuat pertanyaan itu pasti sudah di pelajari oleh para siswa dan sudah pasti guru sudah mempelajari nya terlebih dahulu.

semoga membantu

followguys


13. soal penjaskes kurikulum k13


maksudnga gimana aku gk ngerti

14. Analisis kesulitan guru dalam implementasi k13


GURU SULIT MENJAWAB PERTANYAAN YANG TERTULIS DI BUKU K13, KARRNA SEMUA MATA PELAJARAN DI MASUKKAN DAN DIRINGKAS DALAM 1 BUKU, CONTOHNYA: BUKU TEMATIK

(SEMOGA BERMANFAAT, MAAF KLU SALAH)


15. Sebagai seoarang guru membuat soal adalah keterampilan yang wajib dimiliki. Memahami bagaimana menganalisis butir soal adalah salah satu hal krusial terkait hal tersebut. Analis butir soal ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas butir soal yang telah dibuat. Deskripsikan bagaimana cara Anda mengetahui tingkat kesulitan butir soal dan Daya beda soal tersebut. Lengkapi dengan alasan mengapa Anda patut melakukan kedua hal tersebut


Jawaban:

Daya beda adalah analisis yang mengungkapkan seberapa besar butir tes dapat membedakan antara siswa kelompok tinggi dengan siswa kelompok rendah. Salah satu ciri butir yang baik adalah yang mampu membedakan antara kelompok atas (yang mampu) dan kelompok bawah (kurang mampu). Karena itu butir tes harus diketahui daya bedanya. Siswa yang termasuk kelompok tinggi adalah siswa yang mempunyai rata-rata skor paling baik. Siswa yang termasuk kelompok rendah adalah siswa yang mempunyai rata-rata skor yang rendah. Kelompok siswa yang pandai sering disebut dengan istilah kelompok Upper, dan kelompok siswa yang kurang pandai sering disebut dengan istilah Lower.

Tingkat daya pembeda butir-butir tes dinyatakan dalam skala indeks -1,00 sampai dengan 1,00.

-1,00 0 1,00

Penjelasan:

Indeks -1,00 berarti butir tes terbalik, siswa kurang pandai dalam kelompok Lower dapat menjawab butir tes dengan sempurna, dan kelompok yang paling pandai dalam Upper tidak ada satupun yang mampu menjawab dengan benar.

• Indeks 0,00 berarti butir tes tidak dapat membedakan siswa yang pandai dengan yang kurang pandai. Atau kemampuan kelompok pandai (Upper) sama dengan kemampuan kelompok kurang pandai (Lower).

• Indeks 1,00 berarti butir tes secara sempurna dapat membedakan siswa berdasarkan tingkat kemampuannya.

Adapun rumus yang digunakan untuk menghitung daya pembeda butir tes adalah :

DB = U - L

Nup x skor maks

DB = Daya Beda

U = Kelompok Tinggi

L = Kelompok Rendah

Nup = Jumlah siswa Upper dan Lower

Alasan:

Asumsi yang digunakan untuk memperoleh kualitas soal yang baik, di samping memenuhi validitas dan reliabilitas, adalah adanya keseimbangan dari tingkat kesulitan soal tersebut. Keseimbangan yang dimaksudkan adalah adanya soal-soal yang termasuk mudah, sedang, dan sukar secara proporsional. Tingkat kesukaran soal dipandang dari kesanggupan atau kemampuan siswa dalam menjawabnya, bukan dilihat dari sudut guru sebagai pembuat soal. Persoalan yang penting dalam melakukan analisis tingkat kesukaran soal adalah penentuan proporsi dan kriteria soal yang termasuk mudah, sedang, dan sukar.

Ada beberapa dasar pertimbangan dalam menentukan proporsi jumlah soal kategori mudah, sedang, dan sukar. Pertimbangan pertama adalah adanya keseimbangan, yakni jumlah soal sama untuk ketiga kategori tersebut. Artinya, soal mudah, sedang, dan sukar, jumlahnya seimbang. Misalnya tes objektif pilihan berganda dalam pelajaran matematika disusun sebanyak 60 pertanyaan. Dari ke-60 pertanyaan tersebut, soal kategori mudah sebanyak 20, kategori sedang 20, dan kategori sukar 20. Pertimbangan kedua proporsi jumlah soal untuk ketiga kategori tersebut didasarkan atas kurva normal. Artinya, sebagian soal berada dalam kategori sedang, sebagian lagi termasuk ke dalam kategori mudah dan sukar dengan proporsi yang seimbang.

Perbandingan antara soal mudah-sedang-sukar bisa dibuat 3-4-3, artinya 30 % soal kategori mudah, 40 % kategori sedang, dan 30 % kategori sukar. Perbandingan lain yang termasuk sejenis dengan proporsi di atas misalnya 3-5-2. Artinya, 30 % soal kategori mudah, 50 % kategori sedang, dan 20 % kategori sukar.

SEMOGABERMANFAAT


Video Terkait


Posting Komentar untuk "Analisis Butir Soal K13"