Contoh Absen Siswa Kurikulum 2013
Apakah Kurikulum 2013 sejalan dengan keinginan siswa ??
1. Apakah Kurikulum 2013 sejalan dengan keinginan siswa ??
kalo aku sih setuju aja, soalnya lebih seru, trus bisa diskusi bareng, tapi materinya sedikit susah dan kkmnya tinggitergantung dari siswanya, pasti menimbulkan konflik antar pro dan kontra. tapi menurut saya tidak sejalan mengapa, karena siswa juga punya kehidupan. bukan cuma sekolah saja yang mau diurus tapi keluarga.
2. dampak pendidikan kurikulum 2013 bagi siswa
pr menjadi banyak, pelajaran makin susahpalajaran nya makin banyak dan makin susah
3. apa perbedaan kurikulum sebelumnya dengan kurikulum 2013? berikan contohnya!
jika dari pendapat saya..kurikulum dulu menerapkan kebanyakan dari nilai nilai mata pelarajan..sedangkan yang sekarang diterapkan juga dari Sikap ->justru yang diterapkan terutama adalah sikap saat dikurikulum 2013 Perbedaan nya dari cara pembelajarannya, Pada k-13 murid dituntut untuk bisa menyelesaikan tugas dengan mencarinya sendiri sedangkan guru hanya menerangkan secukupnya saja. Sedangkan pada kurikulum sebelum nya guru diharuskan menjelaskan yang cukup banyak dan itu menyebabkan kebosanan pada murid.
Semoga membantu ^_^
4. contoh teks eksposisi mandiri pangan dan teknologi tepat guna selain di buku siswa b. indonesia selain buku siswa kurikulum 2013
Teknologi tepat guna adalah teknologi yang dirancang bagi suatu masyarakat tertentu agar dapat disesuaikan dengan aspek-aspek lingkungan, keetisan, kebudayaan, sosial, politik, dan ekonomi masyarakat yang bersangkutan.Teknologi tepat guna diciptakan untuk mempercepat waktu dalam mengerjakan sesuatu. Dari tujuan yang dikehendaki, teknologi tepat guna haruslah menerapkan metode yang hemat sumber daya, mudah dirawat, dan berdampak polutif minimalis dibandingkan dengan teknologi arus utama, yang pada umumnya beremisi banyak limbah dan mencemari lingkungan. Untuk memperkenalkan teknologi tepat guna perlu disesuaikan dengan kebutuhan, yaitu kebutuhan yang berorientasi kepada keadaan lingkungan geografis atau propesi kehidupan masyarakat yang bersangkutan.Teknologi yang demikian itu merupakan barang baru bagi masyarakat dan perlu dimanfaatkan dan diketahui oleh masyarakat tentang nilai dan kegunaannya.Teknologi tersebut merupakan faktor ekstern dan diperkenalkan dengan maksud agar masyarakat yang bersangkutan dapat merubah kebiasaan tradisional dalam proses pembangunan atau peningkatan kesejahteraan masyarakat.
Sekarang ini, teknologi tepat guna sudah mulai dikenal oleh masyarakat. Teknologi tepat guna yang hemat dan sangat bermanfaat ini sekarang banyak dijumpai di desa maupun kota. TTG ini biasa digunakan pada pabrik-pabrik industri.Penerapan TTG juga harus mempertimbangkan keadaan alam sekitar. Dapat diartikan bahwa dampak lingkungan yang disebabkan penerapan Teknologi Tepat Guna (TTG) harus lebih kecil dibandingkan pemakaian teknologi tradisional maupun teknologi maju. Dengan demikian manfaat dari teknologi tepat guna itu dapat dirasakan oleh masyarakat tersebut. Sebagai mana manfaat dari teknologi tepat guna adalah dapat memenuhi kebutuhan masyarakat yang makin hari makin meningkat, tentu hal itu di barengi dengan kemampuan masyarakatnya yang mampu mengoperasionalkan dan memanfaatkan TTG tersebut. Selain itu TTG juga bermanfaat untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pemenuhan kebutuhannya, pemecahan masalahnya dan penambahan hasil produksi yang makin meningkat dari biasanya. Teknologi tersebut relatif mudah dipahami mekanismenya, mudah dipelihara dan mudah diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Masuknyateknologi baru tidak akan membebani masyarakat baik mental (ketidakmampuan skill) maupun materiil (dapat menimbulkan beban biaya yang tidak mampu dipenuhi masyarakat).
Di Indonesia, teknologi tepat guna masih banyak yang buatan luar negeri. Padahal kalau Indonesia mau, Indonesia dapat membuat TTG yang dapat menyaingi produk-produk dari luar negeri. Hanya saja masyarakat Indonesia banyak yang malas dan tidak mau berusaha. Teknologi Tepat Guna merupakan teknologi yang telah dikembangkan secara tradisional dan proses pengenalannya banyak ditentukan oleh keadaan lingkungan dan mata pencaharian pokok masyarakat setempat.Sebelum menggunakan TTG, terlebih dahulu kita lakukan penerapan dari TTG tersebut kepada masyarakat. Dengan adanya penerapan ini di harapkan masyarakatnya berubah dan mengerti tentang manfaat TTG dan mampu menggunakan TTG tersebut dengan sebaik mungki. Sehingga penggunaa dari TTG tersebut bermanfaat bagi masyarakat, yaitu dapat memenuhi kebutuhan individu atau masyarakat karena kebutuhan masyarakat semakin hari semakin meningkat.Teknologi tepat guna apabila dimanfaatkan dengan baik maka akan memeperoleh hasil yang bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.
5. ciri-ciri kurikulum 2013 untuk siswa dan guru bagaimana?
Ciri-ciri kurikulum 2013 untuk siswa dan guru:
1. harus mengutamakan sopan, santun, senyum, dan sapa kepada teman dan guru.
2. tidak boleh mengejek teman, tidak boleh berkata kasar kepada guru.
3. di kurikulum 2013, peringkat tidak di-perioritaskan. yang akan diperioritaskan nanti adalah sopan, santun, senyum, dan sapa kepada teman dan guru.
4. harus membuang sampah pada tempatnya, jika kita lewat dan ada sampah bungkus permen pun klo tidak dibuang, itu bisa mengurangi nilai kepedulian sosial.
Semoga Membantu :)
Siswa harus lebih aktif dibanding guru, siswa harus belajar sendiri. Siswa aktif sekitar 80% sedangkan guru 20%.
Siswa harus mempelajari praktek dan ketrampilan juga.
Ada penilaian sikap
6. mengapa kurikulum 2013 berpengaruh terhadap minat belajar siswa?
karena di kurikulum2013 siswa lebih aktif belajar dari pada guru nyaKarena pada kurikulum 2013 murid murid lebih aktif dan banyak mendapatkan tugas
7. contoh pertanyaan dengan 5w+1h tentang Kurikulum 2013 selain "Siapa yang mengatur kurikulum?" ?
apa: apa manfaat kurikulum 2013 bagi para siswa?
siapa : siapa yg mengusulkan pembuatan kurikulum 2013?
kapan : kapan kurikulum 2013 dilaksanakan?
dimana : dimana kurikulum 2013 dilaksanakan?
mengapa : mengapa kurikulum 2013 sangat bermanfaat bagi siswa?
*untuk yg bagaimana, saya kurang tau
*maaf jika typo & kesalahan
*maaf jika kata2nya kurang bagus
*semoga bermanfaat :)
8. apa yang membuat ada siswa yang setuju dengan pelaksanaan kurikulum 2013 ??
Karena kurikulum 2013 itu belajarnya bisa lebih kreatif dan aktif.Dan juga ada penilaian karakter siswa...Yang membuat siswa lebih berprestasi dengan perilaku yangjuga amazing!karena lebih banyak diadakan kerja kelompok yang membuat siswa lebih berinteraksi sosial,siswa di minta menjadi lebih aktif,dll
maaf yaa kalau kurang tepat
9. bagaimana pengaruh kurikulum 2013 terhadap minat belajar siswa?
Lumayan sangat mempengaruhi sisa siswinya untuk semangat dan aktif belajarbagus,karena meningkatkan siswa lebih giat belajar
10. Apakah Kurikulum 2013 Ini berhasil ?? bagaimana pendapat anda Sebagai siswa ?? Berikan Alasannya
tidak, karena saya sebagai siswa merasa jika guru tidak memberikan yang seharusnya malah kami sebagai siswa mencari dan menjelaskan layaknya guru, padahal kami ini peserta didik yang harus menerima didikan dan harus dididik.
banyak sekali alasan untuk menyatakan bahwa k13 ini gagal antara lain siswa jadi bermalas malasan jika ada nya diskusi , tidak semua siswa menjalankan diskusi dengan baik, buku k13 dari pemerintah tidak lengkap yang mengharuskan mencari sumber dari internet dan jika mencari diinternet membutuhkan biiaya yang tidak sedikit kalau di print, pelajaran yang susah (cth:mtk) sangat tidak efisien jika menggunakan k13, karena jika siwa sudah tidak mengerti guru tidak menjelaskan ,terus disuruh diskusi & presentasikan, maka apa yang harus kami lakukan? jika kami prrsentasi tapi salah nilai kami kurang, kalau tidak presentasi nilai kami tidak ada
11. Bagaimana menurut kamu antara kurikulum 2006 dan kurikulum 2013. Manakah yg lebih baik bagi siswa?
Jawaban:
kurikulum 2013 karena Pada kurikulum ini di lakukan 4 penilaian yaitu penilaian pengetahuan, ketrampilan, sikap dan perilaku. Sehingga siswa selain dapat ilmu pengetahuan secara teori juga mendapatkan ketrampilan yang akan berguna untuk kehidupan kedepannya
Penjelasan:
Pada Kurikulum 2013 atau dikenal dengan K - 13, K - 13 merupakan kurikulum yang telah ditetapkan oleh pemerintah pada tahun 2013. Pada kurikulum ini di lakukan 4 penilaian yaitu penilaian pengetahuan, ketrampilan, sikap dan perilaku. Sehingga siswa selain dapat ilmu pengetahuan secara teori juga mendapatkan ketrampilan yang akan berguna untuk kehidupan kedepannya. Guru juga harus mengajarkan tata sikap dan perilaku yang baik sehingga siswa tidak hanya pintar secara intelektual namun juga mempunyai sikap dan budi yang luhur. Pada kurikulum ini materi digabung menjadi satu paket misalnya tematik yang mencakup mata pelajaran matematika, bahasa indonesia, agama, sains dan sosial. Siswa juga harus aktif belajar sendiri karena guru hanya menyampaikan garis besar materinya saja, detail materinya bisa didalami oleh siswa dengan membaca buku atau browsing di internet.
Dari perbandingan dua kurikulum tersebut, penulis lebih setuju menggunakan KTSP 2006. Hal itu dikarenakan pada KTSP 2006 siswa lebih dimudahkan dalam menerima materi yang diajarkan oleh guru. Sebagai bahan pertimbangan siswa yang diajar dengan materi yang spesifik akan lebih mudah mencerna daripada diajarkan materi yang digabung dan bersifat aplikatif. Sehingga pada K-13 itu siswa lebih membutuhkan les tambahan pelajaran untuk memenuhi kebutuhan pengetahuannya daripada dengan menggunakan KTSP 2006.
12. kenapa siswa rata rata tidak menyukai kurikulum 2013 ???
karena tugas yg banyak dan kegiatan yg menembus jam belajar siswa trsbtkarena kurikulum ini mewajibkan siswa untuk "mencari" sendiri materinya, beda kaya kurikulum sebelumnya yang cuma "menerima"
13. Contoh bahan diskusi tentang kurikulum 2013
Tema I: Belajar pada Kehidupan Fauna
1. Pemodelan Teks Cerita Moral (Fabel)
a. Memahami teks cerita fabel 4 jampel
b. Mengenal struktur teks cerita fabel 4 jampel
c. Memahami unsur kebahasaan teks cerita fabel 4 jampel
2. Penyusunan Teks Cerita Moral (Fabel) secara berkelompok
a. Menyusun teks cerita fabel dengan kata-kata sendiri 3 jampel
b. Menyusun teks cerita fabel yang urut dan logis 3 jampel
c. Membedakan teks cerita fabel dengan teks yang lain 3 jampel
d. Menelaah unsur kebahasaan teks cerita fabel 3 jampel
3. Penyusunan Teks Cerita Moral (Fabel) secara mandiri
a. Mengidentifikasi kekurangan teks cerita fabel 2 jampel
b. Membaca dan menulis puisi tentang binatang 2 jampel
c. Merevisi teks cerita fabel 1 jampel
d. Menyusun teks cerita fabel dengan kata-kata sendiri 2 jampel
Tema II: Menepis Lupa Jasa Inspirator Bangsa
1. Pemodelan Teks Biografi
a. Memahami teks biografi 3 jampel
b. Mengenali struktur teks biografi 3 jampel
c. Mengidentifikasi unsur kebahasaan teks biografi 3 jampel
d. Memahami dan mengenang jasa pahlawan melalui puisi 3 jampel
2. Penyusunan Teks Biografi secara berkelompok
a. Mengidentifikasi teks biografi 3 jampel
b. Menelaah unsur kebahasaan teks biografi 3 jampel
c. Menyusun dan meringkas teks biografi 3 jampel
d. Mengungkapkan pikiran dan ekspresi dengan bermain peran 3 jampel
3. Penyusunan Teks Biografi secara mandiri
a. Mengidentifikasi teks biografi 3 jampel
b. Meringkas teks biografi 3 jampel
c. Menyusun dan merevisi teks biografi 2 jampel
d. Menyusun teks biografi berdasarkan identitas tokoh 3 jampel
Tema III: Menggapai Cita Melalui Kreativitas
1. Pemodelan Teks Prosedur 8 jampel
a. Memaham teks prosedur
b. Mengenali struktur teks prosedur
c. Mamahami unsur kebahasaan teks prosedur
2. Penyusunan Teks Prosedur secara berkelompok 2 jampel
a. Menyusun teks prosedur yang urut dan logis 2 jampel
b. Membedakan teks prosedur dengan teks yg lain 2 jampel
c. Menelaah unsur kebahasaan teks prosedur 2 jampel
d. Menyusun teks prosedur dengan kata-kata sendiri 2 jampel
3. Penyusunan Teks Prosedur secara mandiri
a. Mengidentifikasi kekurangan teks prosedur 3 jampel
b. Menyusun teks prosedur dengan kata-kata sendiri 3 jampel
c. Meringkas dan menceritakan teks prosedur 2 jampel
d. Merevisi teks prosedur 2 jampel
ULANGAN HARIAN 4 jampel (@ 1 jampel)
Semester Genap
BAB IV MEMECAHKAN PERMASALAHAN DAMPAK TEKNOLOGI LEWAT DISKUSI
1. Pemodelan Teks Diskusi
a. Memahami teks diskusi 6 jampel
b. Mengenali struktur teks diskusi 5 jampel
c. Mengidentifikasi unsur kebahasaan teks diskusi 5 jampel
2. Penyusunan Teks Diskusi scr kelompok 4 jampel
a. Melengkapi teks diskusi 4 jampel
b. Menyusun teks diskusi 4 jampel
c. Mengidentifikasi dan menelaah teks diskusi 4 jampel
d. Meringkas dan menyusun teks diskusi 4 jampel
3. Penyusunan Teks Diskusi scr mandiri
a. Mencari dan mengidentifikasi teks diskusi 4 jampel
b. Menyusun dan meringkas teks diskusi 4 jampel
c. Menelaah unsur kebahasaan teks diskusi 4 jampel
d. Membandingkan teks diskusi dengan teks eksposisi 3 jampel
BAB V MENGULAS BEBAGAI KARYA SASTRA
1. Pemodelan Teks Ulasan
a. Memahami teks ulasan 3 jampel
b. Mengenali struktur teks ulasan 3 jampel
c. Mengidentifikasi unsur kebahasaan teks ulasan 2 jampel
d. Menangkap makna teks ulasan 2 jampel
2. Penyusunan Teks Ulasan scr kelompok
a. Mengidentifikasi teks ulasan 3 jampel
b. Menyusun teks ulasan 3 jampel
c. Mendiskusikan teks ulasan 2 jampel
d. Mengulas cerpen 2 jampel
3. Penyusunan Teks Ulasan scr mandiri
a. Mencari dan mengidentifikasi teks ulasan 3 jampel
b. Menyusun teks ulasan 2 jampel
c. Mendiskusikan teks ulasan 2 jampel
d. Mengulas cerpen 2 jampel
kayaknyaaaaa itu sih maaf klo salah ya :)
14. contoh pertanyaan dengan 5w 1h tentang Kurikulum 2013 selain "Siapa yang mengatur kurikulum?" ?
1. how : bagaimana cara penerapan kurikulum 2013 ?
2. when : kapan kurikulum 2013 akan di terapkan ?
3. what : apa yang menyebabkan kurikulum 2013 di terapkan pada indonesia?
4. where : dimana kurikulum 2013 di terapkan ?
5. why : kenapa indonesia menghilangkan KTSP dengan menggatikan Kurikulum 2013?
15. Contoh kebijakan kurikulum 2013
mengimplementasikan secara berbaris obaervasi intregatif itu dinilai mengabaikan dengan kesiapan guru.
☆☆☆Maaf klo salah☆☆☆
Posting Komentar untuk "Contoh Absen Siswa Kurikulum 2013"