Kunci Jawaban Lks Matematika Kelas 7 Semester 2 Kurikulum 2013
kunci jawaban lks hal 57 kurikulum 2013 semester 1 kls 7
1. kunci jawaban lks hal 57 kurikulum 2013 semester 1 kls 7
Jawaban:
6. the writer's mother is 40 years old
7. the writer's father character is hardworking
8. Silvia is 13 years old
9. There are four (4) members in the writer's family
10. the writer's mother character is very kind person
2. kunci jawaban bahasa indonesia kelas 8 semester 1 kurikulum 2013 lks lks halaman 50
Jawaban:
Kunci jawaban bahasa Indonesia kelas VIII halaman 50 adalah mengenai kaidah kebahasaan dalam suatu iklan.
Iklan Dunia Indah Tanpa Narkoba: tidak mengandung unsur persuasif atau ajakan, tidak terdapat kata imperatif, tidak berirama, berkesan positif, dan ringkas.
Iklan Satukan Hati Wujudkan Cita-Citanya: tidak mengandung unsur persuasif, terdapat kata imperatif (satukan), tidak berirama, berkesan positif, dan ringkas.
Iklan Ayo Cuci Tanganmu Pakai Sabun: mengandung unsur persuasif, terdapat kata imperatif (ayo), tidak berirama, berkesan positif, dan ringkas.
Penjelasan:
kaidah kebahasaan suatu iklan terdiri dari persuasif, imperatif, berirama, terkesan positif, dan ringkas.
Pelajari lebih lanjut materi isi suatu iklan pada https://brainly.co.id/tugas/15437479
#BelajarBersamaBrainly
3. Kunci jawaban matematika kelas 8 semester 1 kurikulum 2013 hal 21
1.Tentukan 3 bilangan selanjutnya dari pola barisan bilangan berikut!
a. 1,3,5,7,..,...,...
lihat polanya dan ternyata +2 untuk suku berikutnya sehingga jawabannya 9, 11, 13
b. 100,95,90,85,...,...,...
lihat polanya dan ternyata -5 untuk suku berikutnya sehingga jawabannya 80, 75, dan 70
c. 5,10,8,13,11,16,14,...,...,...
lihat polanya dan ternyata +5, -2, +5, -2 untuk suku berikutnya sehingga jawabannya 19, 17, dan 22
d. 2,6,18,...,...,...
lihat polanya dan ternyata x3 untuk suku berikutnya sehingga jawabannya 54, 162, 486
e. 80,40,20,10,...,...,...
lihat polanya dan ternyata :2 untuk suku berikutnya sehingga jawabannya 5, 5/2, 5/4
f. 3,-7,11,-15,19,...,...,....
lihat polanya dan ternyata
Lihat yang positif dulu 3,11,19 : +8
Lihat yang negatif -7,-15 : -8
sehingga -23, 27, -31
g. 4,12,36,108,...,....,....
lihat polanya dan ternyata x3 untuk suku berikutnya sehingga jawabannya 324, 972, 2916
h. 1,4,9,16,25,...,...,...
lihat polanya dan ternyata
Polanya : +3,+5,+7,+9,+11, dst (+bilangan ganjil)
Atau Polanya : 1²,2²,3²,4², dst
sehingga jawabannya 36, 49, 64
i. 2,4,10,11,18,18,26,25,....,....,....
Lihat pola 2,10,18,26 : +8
Lihat pola 4,11,18,25 : +7
Polanya loncat satu sehingga jawabannya 34, 32, dan 42
j. 1,5,-1,3,7,1,5,9,3,7,11,5,...,...,....
Polanya : +4,+4,-6
Kemudian berulang sehingga jawabannya 9, 13, 7
k. 2,-1,1,0,1,....,...,...
Polanya : -3,+2,-1,+1,-2,+3,-3,+2,-1,....
Kemudian berulang sehingga jawabannya, -1, 2, -1
2.Isilah titik titik berikut agar membentuk suatu pola barisan bilangan!
a. 4,10,...,...,28,34,40
16,22, polanya +6
b. 100,92,...,76,...,56,48
84, polanya -8
c. 7,13,11,....,...,21,19,25,23,29
17,15, polanya:
Pola pertama : 7,11,15,19,23 : +4
Pola kedua : 13,17,21,25,29 : +4
Polanya loncat satu
d. 20,40,60,...,....,120,80,160
40,80, polanya:
Pola pertama : 20,40,60 : +20
Pola kedua : 40,80,120 : +40
Pola ketiga : 80,160 : +80
e. 2.745,915,...,135,45,15
305, polanya:
Pola pertama : 3645,1215,305 : dibagi 3
Pola kedua : 405,135 : -270
Polanya : dibagi 3, dibagi 3, -170 , -170 lalu berulang
f. 2,3,....,....,13,21
5,8 , polanya:
Fibonanci yakni penjumlahan suku yang kiri + suku kanan maka hasilnya adalah suku ke tiga)
2+3 = 5; 3+5=8;5+8=13
3.Ambillah satu bilangan agar terbentuk suatu pola barisan bilangan!
a. 2,4,7,9,11
9 dibuang karena pola yang terbentuk adalah +2,+3,+4, dst
b. 4,8,12,16,32
32 dibuang karena pola yang terbentuk adalah +4
c. 0,1,1,2,3,4
1 dibuang karena pola yang terbentuk adalah +1
d. 50,43,37,32,27
27 dibuang karena pola yang terbentuk adalah -7,-6,-5, dst
e. 4,5,8,10,13,15,18
4 dibuang karena pola yang terbentuk adalah +3 dan +2 kemudian berulang
4. Kunci jawaband lks bahasa inggris competence test 2 halaman 18 kelas 8 kurikulum 2013 semester 1
Penjelasan:
1.D
2.i
3.e
4.j
5.C
6.h
7.A
8.F
9.b
10 G
5. jawaban matematika kelas 7 kurikulum 2013 latihan 2.1 semester 1
jawabannya c
maaf kalo salah yaaaa
6. Kunci jawaban matematika kelas 8 semester 1 kurikulum 2013 hal 52: ayo kita berlatih 2.1
Kunci jawaban matematika kelas 8 semester 1 kurikulum 2013 hal 52: Ayo kita berlatih 2.1. Soal yang disajikan merupakan materi tentang koordinat. Penulisan koordinat kartesius adalah (x, y) terdiri dari sumbu x (garis mendatar) dan sumbu y (garis tegak) yang saling berpotongan tegak lurus di pusat koordinat kartesius yaitu di (0, 0)
Jika diketahui titik A(a, b) maka
Jarak titik A terhadap sumbu X adalah |b| satuan Jarak titik A terhadap sumbu Y adalah |a| satuanArti dari tanda |a| dan |b| adalah nilainya selalu positif (nilai mutlak)
Dalam koordinat kartesius terdiri dari 4 daerah yang dinamakan kuadran
Kuadran I jika koordinat kartesiusnya (+, +) = (positif, positif) Kuadran II jika koordinat kartesiusnya (–, +) = (negatif, positif) Kuadran III jika koordinat kartesiusnya (–, –) = (negatif, negatif) Kuadran IV jika koordinat kartesiusnya (+, –) = (positif, negatif) PembahasanPada soal “Ayo kita berlatih 2.1” terdapat 9 titik yaitu
Titik A(4, 3) Titik B(–4, 3) Titik C(–3, –4) Titik D(3, –4) Titik E(6, 0) Titik F(0, 2) Titik G(–6, 6) Titik H(–4, –5) Titik I(6, –6) 1. Titik-titik yang berjarak sama terhadap sumbu X adalahJawab
Titik A(4, 3) dan titik B(–4, 3), sama-sama berjarak 3 satuan terhadap sumbu X Titik C(–3, –4) dan titik D(3, –4), sama-sama berjarak 4 satuan terhadap sumbu X Titik G(–6, 6) dan titik I(6, –6), sama-sama berjarak 6 satuan terhadap sumbu X 2. Titik-titik yang berjarak sama terhadap sumbu Y adalahJawab
Titik A(4, 3), titik B(–4, 3) dan titik H(–4, –5), sama-sama berjarak 4 satuan terhadap sumbu Y Titik C(–3, –4) dan titik D(3, –4), sama-sama berjarak 3 satuan terhadap sumbu Y Titik E(6, 0), titik G(–6, 6) dan titik I(6, –6), sama-sama berjarak 6 satuan terhadap sumbu Y 3. Titik-titik yang berada di sebelah kanan dan sebelah kiri sumbu Y adalahJawab
Titik-titik yang berada di sebelah kanan sumbu Y (ciri: x nya positif), yaitu
Titik A(4, 3) Titik D(3, –4) Titik E(6, 0) Titik I(6, –6)Titik-titik yang berada di sebelah kiri sumbu Y (ciri: x nya negatif), yaitu
Titik B(–4, 3) Titik C(–3, –4) Titik G(–6, 6) Titik H(–4, –5) 4. Jarak titik E terhadap sumbu X dan sumbu Y serta posisinyaJawab
Koordinat titik E adalah (6, 0), maka
Jarak terhadap sumbu X adalah |0| satuan = 0 satuan Jarak terhadap sumbu Y adalah |6| satuan = 6 satuanPosisi titik E terletak
tepat pada sumbu X di sebelah kanan sumbu Y 5. Letak kuadran titik-titik tersebutJawab
Titik-titik yang berada
di kuadran I adalah titik A(4, 3) di kuadran II adalah titik B(–4, 3) dan titik G(–6, 6) di kuadran III adalah titik C(–3, –4) dan titik H(–4, –5) di kuadran IV adalah titik D(3, –4) dan titik I(6, –6)Adapun
untuk titik E(6, 0) terletak antara kuadran I dan kuadran IV
untuk titik F(0, 2) terletak antara kuadran I dan kuadran II
Pelajari lebih lanjutContoh soal lain tentang koordinat
Koordinat relatif: https://brainly.co.id/tugas/552137 Koordinat pada bangun datar: brainly.co.id/tugas/8826902 Letak kuadran suatu titik: brainly.co.id/tugas/16884973------------------------------------------------
Detil JawabanKelas : 8
Mapel : Matematika
Kategori : Bilangan Koordinat
Kode : 8.2.3
Kata Kunci : Kunci jawaban matematika kelas 8 semester 1 kurikulum 2013 hal 52: Ayo kita berlatih 2.1
7. jawaban soal matematika semester 2 kelas 7 kurikulum 2013 hal. 196-197
Jawaban soal matematika semester 2 kelas 7 kurikulum 2013 hal. 196 – 197. Soal yang disajikan merupakan tabel sifat-sifat segiempat yang terdiri dari persegi panjang, persegi, jajar genjang, belah ketupat, trapesium dan layang-layang
PembahasanSegiempat yang memiliki sifat:
1) Setiap pasang sisi berhadapan sejajar
Persegi panjang Persegi Jajar genjang Belah ketupat2) Sisi berhadapan sama panjang
Persegi panjang Persegi Jajar genjang Belah ketupat3) Semua sisi sama panjang
Persegi Belah ketupat4) Sudut berhadapan sama besar
Persegi panjang Persegi Jajar genjang Belah ketupat5) Semua sudut sama besar
Persegi Persegi panjang6) Masing-masing diagonal membagi daerah atas dua bagian yang sama
Persegi panjang Persegi Jajar genjang Belah ketupat7) Kedua diagonal berpotongan di titik tengah masing-masing
Persegi panjang Persegi Jajar genjang Belah ketupat8) Kedua diagonal saling tegak lurus
Persegi Belah ketupat Layang-layang9) Sepasang sisi sejajar
Trapesium10) Memiliki simetri lipat sebanyak 1
Layang-layangCatatan:
Ada trapesium yang memiliki simetri lipat 1 buah yaitu trapesium sama kaki (hanya saja dalam tabel tidak disebutkan trapesium jenis apa)
11) Memiliki simetri lipat sebanyak 2
Persegi panjang Belah ketupat12) Memiliki simetri lipat sebanyak 4
Persegi13) Memiliki simetri putar sebanyak 1
Trapesium Layang-layang14) Memiliki simetri putar sebanyak 2
Persegi panjang Jajar genjang Belah ketupat15) Memiliki simetri putar sebanyak 4
Persegi Pelajari lebih lanjutContoh soal lain tentang
Persegi: https://brainly.co.id/tugas/15092313 Trapesium: https://brainly.co.id/tugas/2399779 Segitiga: https://brainly.co.id/tugas/15098905------------------------------------------------
Detil JawabanKelas : 7
Mapel : Matematika
Kategori : Segitiga dan Segiempat
Kode : 7.2.4
Kata Kunci : Jawaban soal matematika semester 2 kelas 7 kurikulum 2013 hal. 196 – 197
8. Kunci jawaban soal ekonomi semester 2 kelas 2 kelas 11 kurikulum 2013
1. Akuntansi yang lazim dipraktikkan sekarang ini berasal dari....
a. sistem tata buku berpasangan
b. sistem standar tunggal
c. penerapan ekonomi
d. sistem Amerika
e. penerapan matematika
Jawaban: a
2. Di bawah ini merupakan pemakai informasi akuntansi yang termasuk pihak ekstern adalah....
a. manajer
b. kepala bagian angsuran
c. kreditur
d. kepala bagian pembelanjaan
e. kepala bagian pemasaran
Jawaban: c
3. Dari segi intern, akuntansi memiliki kegunaan....
a. sebagai dasar penetapan pajak
b. sebagai dasar pemberian pinjaman
c. sebagai dasar untuk mendapat pinjaman
d. sebagai dasar pengambilan keputusan
e. sebagai bahan informasi untuk mengadakan investasi
Jawaban: d
4. Seorang akuntan yang pekerjaannya memeriksa pembukuan dan jasa serta bekerja secara independen, merupakan istilah untuk....
a. akuntan umum
b. akuntan publik
c. akuntan pemerintah
d. sistem akuntansi
e. akuntan intern
Jawaban: b
5. Infromasi akuntansi diperlukan oleh kreditur untuk....
a. mengetahui jumlah karyawan
b. mengetahui naik turunnya pembayaran deviden
c. mengetahui kejujuran daripada pemilik
d. mengetahui perusahaan dalam hal kemampuan mengembalikan utang
e. mengetahui kemajuan yang akan dicapai manajer
Jawaban: d
6. Akuntansi yang sering digunakan oleh perusahaan manufaktur adalah....
a. auditing
b. cost accounting
c. budgetiray accounting
d. finance accounting
e. management accounting
Jawaban: b
7. Pemerintah merupakan contoh pihak ekstern yang memerlukaninformasi akuntansi untuk....
a. penetapan jumlah karyawan
b. penetapan jumlah pajak
c. penemuan penyimpangan
d. penetapan pimpinan perusahaan
e. penyusunan statistik ekonomi
Jawaban: b
8. Secara umum, akuntansi mempunyai suatu kegunaan, yaitu sebagai....
a. dasar penggunaan efisiensi biaya
b. dasar pengembangan perusahaan
c. bahan keterangan dalam mengambil keputusan
d. pertanggungjawaban komisaris pada direktur
e. pertanggungjawaban saham kepada direksi
Jawaban: c
9 Profesi akuntan di Indonesia mempunyai suatu wadah organisasi yang bernama....
a. Asosiasi Akuntan Indonesia
b. Ikatan Akuntansi Indonesia
c. Ikatan Akuntan Publik Indonesia
d. Persatuan Akuntan Indonesia
e. Ikatan Akuntan Indonesia
Jawaban: e
10. Berikut ini merupakan keputusan ekonomi yang dibuat oleh pemakai laporan keuangan terhadap perusahaan, kecuali....
a. pembelian saham perusahaan
b. pembayaran utang perusahaan
c. penjualan saham perusahaan
d. penetapan pajak terutang
e. pemberian kredit pada perusahaan
Jawaban: b
11. Dalam proses akuntansi, tahap pencatatan dan pengelompokkan berdasarkan....
a. buku besar
b. bukti transaksi
c. jurnal
d. neraca
e. laporan keuangan
Jawaban: b
12. Akuntan publik adalah....
a. wakil perusahaan yang tugas-tugasnya mengawasi direksi
b. karyawan perusahaan bagian akuntansi
c. profesional yang independen
d. manajer keuangan pada suatu perusahaan
e. profesional yang telah diperkerjakan di perusahaan
Jawaban: c
13. Berikut ini yang bukan merupakan pihak ekstern pemakai informasi akuntansi adalah...
a. kreditur
b. pemerintah
c. investor
d. manajer
e. pemegang saham
Jawaban: d
14. Cost accounting akan lebih tepat digunakan oleh perusahaan....
a. pabrik mobil
b. bengkel mobil
c. toko mobil
d. persewaan mobil
e. toko onderdil mobil
Jawaban: a
15. Agar informasi akuntansi dapat berkualitas, maka dalam penyajiannya harus terhidndar dari pengertian yang menyesatkan. Dalam istilah akuntansinya adalah.....
a. dapat dipahami
b. realiability
c. understandability
d. comparability
e. relevance
Jawaban: b
*SEMOGA MEMBANTU* :")
9. Jawaban ayo berlatih 6.1 kelas 7 buku matematika semester 2 kurikulum 2013
Jawaban ayo berlatih 6.1 kelas 7 buku matematika semester 2 kurikulum 2013 adalah pembahasan aritmetika sosial mengenai untung, rugi, impas, pendapatan, termasuk persentase untung atau rugi.
PembahasanUrutan kegiatan ekonomi secara mendasar adalah sebagai berikut:
modal atau biaya (pengeluaran) ⇒ pendapatan (pemasukan)pembelian ⇒ penjualanPenjelasan awal
Kondisi untung: pemasukan > pengeluaran, untung = pemasukan - pengeluaranKondisi rugi: pemasukan < pengeluaran, rugi = pengeluaran - pemasukanKondisi impas: pengeluaran = pemasukan[No. 1]
Mari kita tentukan besarnya untung/rugi/impas dari tabel terlampir.
(a). Pemasukan = Rp 1.000.000 dan pengeluaran Rp 900.000.
Rugi = 1.000.000 - 900.000 = Rp 100.000
(b). Pemasukan = Rp 1.000.000 dan pengeluaran Rp 1.200.000
Untung = 1.200.000 - 1.000.000 = Rp 200.000
(c). Pemasukan = Rp 2.000.000 dan pengeluaran Rp 2.000.000
Impas, tidak untung maupun rugi.
(d). Pemasukan = Rp 1.500.000 dan pengeluaran Rp 1.550.000
Untung = 1.550.000 - 1.500.000 = Rp 50.000
(e). Pemasukan = Rp 1.000.000 dan pengeluaran Rp 800.000
Rugi = 1.000.000 - 800.000 = Rp 200.000
[No. 2]
Pengeluaran = Rp 1.000.000
Rugi = Rp 250.000
Pendapatan?
Rugi = Pengeluaran - Pendapatan
Pendapatan = Pengeluaran - Rugi
Pendapatan = 1.000.000 - 250.000
[tex]\boxed{~Pendapatan = Rp~750.000~}[/tex]
[No. 3]
Pengeluaran = Rp 1.500.000
Untung = Rp 200.000
Pendapatan?
Untung = Pendapatan - Pengeluaran
Pendapatan = Pengeluaran + Untung
Pendapatan = 1.500.000 + 200.000
[tex]\boxed{~Pendapatan = Rp~1.700.000~}[/tex]
[No. 4]
Modal = Rp 1.000.000
Untung = Rp 200.000
Penjualan = Modal + Untung
Penjualan = 1.000.000 + 200.000 = Rp 1.200.000
Harga jual per bungkus Rp 600
Banyak kemasan yang dibuat [tex]\frac{1.200.000}{6.000}[/tex] adalah 200 bungkus.
[No. 5]
Modal = Rp 1.000.000
Untung = Rp 250.000 (minimal)
Penjualan = Modal + Untung
Penjualan = 1.000.000 + 250.000 = Rp 1.250.000
Harga jual per porsi Rp 8.000
Banyak bakso yang dibuat [tex]\frac{1.250.000}{8.000}=156,25[/tex]
Perhatikan, karena ingin meraih keuntungan minimal Rp 250.000 dengan pendapatan minimal Rp 1.250.000 maka banyak porsi yang harus dibuat adalah [tex]\boxed{~157~porsi~}[/tex].
Bila 156 porsi maka pendapatannya 156 x Rp 8.000 = Rp 1.248.000, belum mencapai Rp 1.250.000
[No. 6]
Modal = Rp 900.000
Harga sate Rp 9.000 per porsi
Pada kondisi impas, pendapatan = modal. Mari kita periksa banyak porsi sate ketika kondisi impas, yaitu [tex]\frac{900.000}{9.000}=100~porsi[/tex]
Jadi, jika ingin meraih keuntungan minimal maka banyak porsi sate harus lebih besar dari 100 porsi yaitu minimal 101 porsi.
[No. 7]
Modal = Rp 900.000
Harga soto Rp 10.000 per porsi
Keuntungan = Rp 250.000
Pendapatan = Modal + Untung
Pendapatan = 900.000 + 250.000 = Rp 1.150.000
Banyak soto yang terjual [tex]\frac{1.150.000}{10.000}=115~porsi[/tex]
[No. 8]
Modal = Rp 800.000
Harga Rp 8.000 per porsi
Kerugian = Rp 160.000
Pendapatan = Modal - Rugi
Pendapatan = 800.000 - 160.000 = Rp 640.000
Banyak nasi goreng yang terjual [tex]\frac{640.000}{8.000}=80~porsi[/tex]
[No. 9]
Harga beli = Rp 4.000.000
Harga jual = Rp 4.200.000
Untung = Harga Jual - Harga Beli
Untung = 4.200.000 - 4.000.000 = Rp 200.000
[tex]\boxed{~\% Untung = \frac{Untung}{Harga~Beli} \times 100 \%~}[/tex]
[tex]\% Untung = \frac{200.000}{4.000.000} \times 100 \%[/tex]
∴ Persentase untung = 5%
[No. 10]
Harga beli Rp 1.200 per butir
Membeli 500 butir
Ongkos transport Rp 20.000
Total pembelian telur = 500 x 1.200 = Rp 600.000
Total pengeluaran = total pembelian + ongkos
Total pengeluaran = 600.000 + 20.000 = Rp 620.000
Ketika kondisi impas, penjualan = pengeluaran. Mari kita periksa harga jual telur ketika kondisi impas, yaitu [tex]\frac{620.000}{500}=Rp~1.240~per~butir[/tex]
Jadi, jika ingin meraih keuntungan minimal maka Pak Roni harus menjual dengan harga jual lebih besar dari Rp 1.240 per butir.
[No. 11]
Modal = Rp 2.750.000
Kerugian = Rp 150.000
Pendapatan?
Pendapatan = Modal - Rugi
Pendapatan = 2.750.000 - 150.000
[tex]\boxed{~Pendapatan = Rp~2.600.000~}[/tex]
[No. 12]
x = modal usaha yang dikeluarkan
y = pemasukan yang didapatkan
Jika x > y maka usaha tersebut rugi. Jika x < y maka usaha tersebut untung. Jika x = y maka usaha tersebut impas.Pelajari lebih lanjutRumus-rumus aritmetika sosial https://brainly.co.id/tugas/85825Contoh soal masalah aritmetika sosial lainnya brainly.co.id/tugas/17834231------------------------------
Detil jawabanKelas : VII
Mapel : Matematika
Bab : Aritmetika Sosial
Kode : 7.2.7
Kata Kunci : jawaban ayo berlatih 6.1, kelas 7, buku matematika semester 2, kurikulum 2013, adalah, pembahasan, aritmetika sosial, pendapatan, pengeluaran, untung, rugi, impas, modal, biaya, harga per butir, porsi, bungkus, persentase untung minimal, brainly
10. Buku LKS Matematika Halaman 11 Kurikulum 2013 Kelas 5 Semester 1TOLONG DI JAWAB
Jawaban:
maaf kalo jawabannya salah
11. matematika kelas 7 kurikulum 2013 semester 2 hal 140
Matematika kelas 7 kurikulum 2013 semester 2 hal 140 adalah materi mengenai sudut. Satu putaran penuh sama dengan 360ᵒ. Sudut terdiri dari
sudut tumpul (90ᵒ < α < 180ᵒ) sudut siku-siku (α = 90ᵒ) sudut lancip (0ᵒ < α < 90ᵒ) sudut lurus (α = 180ᵒ) sudut refleks (180ᵒ < α < 360ᵒ)Sudut pada jam dinding:
Pergerakan jarum jam pendek dalam 1 jam (satu putaran jarum jam pendek = 12 jam) adalah
360⁰ ÷ 12 = 30⁰ per jamPergerakan jarum jam panjang dalam 1 jam (satu putaran jarum jam panjang = 1 jam = 60 menit) adalah
360⁰ ÷ 60 = 6⁰ per menit Pembahasan1. Nyatakanlah setiap sudut dibawah ini, apakah termasuk sudut lancip, tumpul atau siku-siku. Serta gambarkan setiap sudut tersebut.
Jawab
a. [tex]\frac{1}{3}[/tex] sudut lurus
= [tex]\frac{1}{3}[/tex] × 180ᵒ
= 60ᵒ
Merupakan sudut lancip karena 0ᵒ < 60ᵒ < 90ᵒ
b. [tex]\frac{2}{5}[/tex] putaran penuh
= [tex]\frac{2}{5}[/tex] × 360ᵒ
= 2 × 72ᵒ
= 144ᵒ
Merupakan sudut tumpul karena 90ᵒ < 144ᵒ < 180ᵒ
c. 180ᵒ – [tex]\frac{5}{6}[/tex] sudut lurus
= 180ᵒ – [tex]\frac{5}{6}[/tex] × 180ᵒ
= 180ᵒ – 5 × 30ᵒ
= 180ᵒ – 150ᵒ
= 30ᵒ
Merupakan sudut lancip karena 0ᵒ < 30ᵒ < 90ᵒ
Untuk gambarnya bisa di lihat dilampiran
2. Hitung sudut terkecil dari jarum jam berikut ini:
Jawab
a. Pukul 04.30
Jarum jam pendek bergerak 4 jam 30 menit
= 4 jam + 30 menit
= 4 jam + (30/60) jam
= 4 × 30⁰ + (30/60) × 30⁰
= 120⁰ + 15⁰
= 135⁰
Jarum jam panjang bergerak 30 menit dari angka 12
= 30 × 6⁰
= 180⁰
Jadi sudut terkecil yang terbentuk antara jarum jam pendek dengan jarum jam panjang pada pukul 4.30 adalah
= 180⁰ – 135⁰
= 45⁰
b. Pukul 07.20
Jarum jam pendek bergerak 7 jam 20 menit
= 7 jam + 30 menit
= 7 jam + (20/60) jam
= 7 × 30⁰ + (20/60) × 30⁰
= 210⁰ + 10⁰
= 220⁰
Jarum jam panjang bergerak 20 menit dari angka 12
= 20 × 6⁰
= 120⁰
Jadi sudut terkecil yang terbentuk antara jarum jam pendek dengan jarum jam panjang pada pukul 7.20 adalah
= 220⁰ – 120⁰
= 100⁰
c. Pukul 05.12
Jarum jam pendek bergerak 5 jam 12 menit
= 5 jam + 12 menit
= 5 jam + (12/60) jam
= 5 × 30⁰ + (12/60) × 30⁰
= 150⁰ + 6⁰
= 156⁰
Jarum jam panjang bergerak 12 menit dari angka 12
= 12 × 6⁰
= 72⁰
Jadi sudut terkecil yang terbentuk antara jarum jam pendek dengan jarum jam panjang pada pukul 05.12 adalah
= 156⁰ – 72⁰
= 84⁰
d. Pukul 09.01
Jarum jam pendek bergerak 9 jam 1 menit
= 9 jam + 1 menit
= 9 jam + (1/60) jam
= 9 × 30⁰ + (1/60) × 30⁰
= 270⁰ + 0,5⁰
= 270,5⁰
Jarum jam panjang bergerak 1 menit dari angka 12
= 1 × 6⁰
= 6⁰
Jadi sudut yang terbentuk antara jarum jam pendek dengan jarum jam panjang pada pukul 09.01 adalah
= 270,5⁰ – 6⁰
= 264,5⁰
karena masih > 180ᵒ maka ini bukanlah sudut terkecil, tetapi sudut terkecilnya adalah:
= 360⁰ – 264,5⁰
= 95,5⁰
e. Pukul 10.40
Jarum jam pendek bergerak 10 jam 40 menit
= 10 jam + 40 menit
= 10 jam + (40/60) jam
= 10 × 30⁰ + (40/60) × 30⁰
= 300⁰ + 20⁰
= 320⁰
Jarum jam panjang bergerak 40 menit dari angka 12
= 40 × 6⁰
= 240⁰
Jadi sudut terkecil yang terbentuk antara jarum jam pendek dengan jarum jam panjang pada pukul 10.40 adalah
= 320⁰ – 240⁰
= 80⁰
Pelajari lebih lanjutContoh soal lain tentang sudut
https://brainly.co.id/tugas/14740859
------------------------------------------------
Detil JawabanKelas : 7
Mapel : Matematika
Kategori : Garis dan Sudut
Kode : 7.2.3
Kata Kunci : Matematika kelas 7 kurikulum 2013 semester 2 hal 140
12. Jawaban matematika kelas 8 semester 2 kurikulum 2013 uji kompetensi 7 essay
Jawaban matematika kelas 8 semester 2 kurikulum 2013 uji kompetensi 7 essay
Lingkaran adalah bangun dua dimensi yang hanya memiliki satu sisi dan tidak memiliki titik sudut. Jarak antara titik pusat lingkaran dengan satu titik pada sisi lingkaran disebut jari-jari. Garis tengah lingkaran yang panjangnya dua kali jari-jari disebut diameter. Luas dan keliling lingkaran dapat dirumuskan sebagai berikut.
L = π r²K = 2 π rdengan
L = luas lingkaran
K = keliling lingkaran
r = jari-jari lingkaran
π = 3,14 atau 22/7
Panjang diameter sama dengan dua kali panjang jari-jari. Secara sistematis, pernyataan tersebut dapat dirumuskan sebagai berikut.
d = 2rdengan
d = diameter
Pembahasan1. Perhatikan gambar nomor 1 di attachment!
Diketahui
Jari-jari lingkaran r = 26 cm
Panjang EG = 10 cm
Ditanya
a. Panjang AC
b. Panjang DE
Penyelesaian
Untuk menghitung panajng AC, terlebih dahulu kita harus menghitung panjang DE. DE dapat dihitung dengan menggunakan rumus Phytagoras.
DE² = DG² - EG²
DE² = 26² - 10²
DE² = 676 - 100
DE² = 576
DE = √576
DE = 24 cm
a. Panjang AC
= Panjang DF
= 2 (Panjang DE)
= 2 (24)
= 48 cm
b. Panjang DE
= 24 cm
Kesimpulan
Jadi, panjang AC = 48 cm dan panjang DE = 24 cm.
2. Perhatikan gambar nomor 2 di attachment!
Diketahui
Jari-jari lingkaran r = 14 cm
Perhatikan gambar pada soal!
Ditanya
Luar daerah arsir
Penyelesaian
Luas setengah lingkaran kecil yang menonjol akan penuh jika digunakan untuk menutup area setengah lingkaran kecil yang kosong, sehingga luas arsir sama dengan luas setengah lingkaran besar.
Luas arsir
= luas setengah lingkaran besar
= 1/2 × π r²
= 1/2 × 22/7 × 14 × 14
= 22 × 14
= 308 cm²
Kesimpulan
Jadi, luas daerah yang diarsir adalah 308 cm².
3. Perhatikan gambar nomor 3 pada soal dan di attachment!
Diketahui
Panjang sisi persegi s = 10
Jari-jari lingkaran = 5 cm
Ditanya
Keliling dan luas daerah arsir
Penyelesaian
Menghitung keliling daerah arsir
Untuk menghitung keliling, perhatikan gambar pada soal!
Keliling daerah arsir bangun tersebut adalah panjang sisi yang membentuk daerah arsir.
Keliling daerah arsir
= 4 (5) + + keliling lingkaran
= 20 + 2 π r
= 30 + 2 × 3,14 × 5
= 30 + 31,4
= 61,4 cm
Menghitung luas daerah arsir
Perhatikan gambar di attachment!
Luas daerah arsir
= luas persegi + luas setengah lingkaran
= s × s + 1/2 π r²
= 10 × 10 + 1/2 (3,14) (5)²
= 100 + 12,5 (3,14)
= 100 + 39,25
= 139,25 cm²
Kesimpulan
Jadi, keliling dan luas daerah arsir tersebut berturut-turut adalah 61,4 cm dan 139,25 cm².
4. Perhatikan gambar di attachment!
Diketahui
Jari-jari lingkaran r = 21 cm
Sudut AOB = 90°
Ditanya
Luas tembereng (daerah arsir)
Penyelesaian
Untuk menentukan luas tembereng, terlebih dahulu kita menentukan luas juring dan luas segitiga AOB.
Luas juring AOB
= 90°/360° × Luas lingkaran
= 1/4 × π r²
= 1/4 × 22/7 × 21 × 21
= 1/4 × 66 × 21
= 346,5 cm²
Luas segitiga AOB
= 1/2 × r × r
= 1/2 × 21 × 21
= 220,5 cm²
Luas tembereng (daerah arsir)
= Luas juring AOB - Luas segitiga AOB
= 346,5 - 220,5
= 126 cm²
Kesimpulan
Jadi, luas daerah arsir adalah 126 cm².
Pelajari lebih lanjut1. Menentukan panjang apotema: https://brainly.co.id/tugas/73842
2. Menentukan panjang tali minimal untuk mengikat beberapa kaleng: https://brainly.co.id/tugas/21608097
Detail jawabanKelas: 8
Mapel: Matematika
Bab: Lingkaran
Kode: 8.2.7
Kata kunci: keliling, lingkaran, luas, arsir, campuran, bangun, persegi, Phytagoras, tembereng, juring
13. kunci jawaban buku matematika kelas 4 Kurikulum 2013 halaman 66 sampai 68 semester 2
Jawaban:
tema berapa??
Penjelasan:
.........
14. Dimana mendownload LKS PPKn kelas 7 semester 2 kurikulum 2013?
https://matematohir.wordpress.com/2014/06/15/buku-pegangan-guru-dan-siswa-kurikulum-2013-edisi-2014/comment-page-3/
15. latihan 1.3 matematika kurikulum 2013 semester 2 kelas 7
maaf... soal nya mana yaa?? kok gak ada soalnya sih?
Posting Komentar untuk "Kunci Jawaban Lks Matematika Kelas 7 Semester 2 Kurikulum 2013"